INDONEWS.ID

  • Senin, 14/05/2018 21:27 WIB
  • Alvara Research Center: Mustahil Sudirman-Ida Bisa Mengejar Ganjar-Yasin

  • Oleh :
    • hendro
 Alvara Research Center: Mustahil Sudirman-Ida Bisa Mengejar Ganjar-Yasin
Pasangan Cagub Jateng Ganjar- Yasin (istimewa)

Semarang, INDONEWS.ID –  Dalam rilis terbarunya yang dilakukan  Alvara Research Center menunjukkan tingkat elektabilitas pasangan calon gubernur Jawa Tengah (Jateng)  Ganjar-Yasin mencapai 57,3 persen, sedangkan rivalnya Sudirman Said-Ida Fauziyah hanya 11,7 persen.

Menurut founder Alvara Research Center, Hasanudin Ali, hasil survei menyebutkan bahwa 85,3 persen publik Jateng puas dengan kinerja petahana Ganjar Pranowo. Kepuasan tertinggi ada di daerah pemilihan 7, 6, dan 2, sedangkan terendah di daerah pemilihan 4,5, dan 9.

Baca juga : Kerusakan Lingkungan, `Macan Borneo` Caleg Golkar Siap Lawan Oligarki

Hasanudin menjelaskan, survei  yang dilakukan pihaknya dilakukan terhadap 1.000 responden dengan tatap muka di semua kabupaten/kota di Jawa Tengah pada 20-30 April 2018. Survei memakai metodologi multiple-stage randown sampling dengan tingkat margin of error 3,16 persen.

"Kepuasan tertinggi ada di level muda dan paling tua pada strata sosial menengah ke bawah," kata Hasanudin  di Semarang pada Senin, 14 Mei 2018.

Baca juga : Presiden Jokowi Minta DPR Percepat Pembahasan RUU PPRT

Berdasar tingkat kepuasan itu, popularitas Ganjar-Yasin mencapai 99,3 persen dan Sudirman-Ida 80,5 persen. Namun, top of mind pemilih untuk Ganjar-Yasin 93,3 persen, sedangkan Sudirman-Ida hanya 5,0 persen.

"Ganjar-Yasin disukai 90,2 persen responden, dan 90,1 persen di antaranya menganggap layak untuk memimpin Jawa Tengah. Sementara Sudirman-Ida disukai 25,9 persen responden dan 26,4 persen menganggap layak menjadi pemimpin Jateng," ujar Hasanudin.

Baca juga : Momen Kaesang-Erina Kirab Menuju Pura Mangkunegaran

Mengenai elektabilitas, Ali mengungkapkan bahwa surveinya dilakukan simulasi pertanyaan secara terbuka dan tertutup. Di pertanyaan terbuka, elektabilitas Ganjar-Yasin mencapai 58,8 persen dan Sudirman-Ida 11,5 persen.

Sementara itu, untuk pertanyaan tertutup, Ganjar-Yasin 57,3 persen dan Sudirman-Ida 11,7 persen. Raihan itu menunjukkan suara Ganjar-Yasin stabil. Tapi undecided voters yang masih tinggi menjadi ceruk suara yang masih bisa dimaksimalkan kedua calon.

"Dengan survei ini hampir sangat mustahil Sudirman-Ida bisa mengejar Ganjar Yasin dengan waktu yang sangat singkat ini," ujarnya.(hdr)

Artikel Terkait
Kerusakan Lingkungan, `Macan Borneo` Caleg Golkar Siap Lawan Oligarki
Presiden Jokowi Minta DPR Percepat Pembahasan RUU PPRT
Momen Kaesang-Erina Kirab Menuju Pura Mangkunegaran
Artikel Terkini
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Pj Bupati Maybrat Tinjau Puskesmas Aifat Utara, Puji Kinerja Dalam Penanganan Alergi Rabies
Pj Bupati Maybrat dan Kapolres Tandatangani NPHD, Dukung Penerimaan Taruna Akpol dari Maybrat
Kunjungan Pj Bupati Maybrat ke SMAN 1 Aifat Raya Ungkap Kekurangan Guru dan Data Siswa yang Tidak Akurat
Pj Bupati Maybrat Apresiasi Inisiatif Kerja Bakti SMP Negeri 1 Aifat Ayawasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas