INDONEWS.ID

  • Sabtu, 19/05/2018 17:01 WIB
  • Menag : Hormati Wanita Bercadar

  • Oleh :
    • luska
Menag : Hormati Wanita Bercadar
Ilustrasi wanita bercadar. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta masyarakat untuk selalu menghormati dan menghargai wanita yang menggunakan cadar.

Menteri Lukman juga menghimbau agar masyarakat tidak memberikan perlakuan diskriminatif kepada mereka wanita yang menggunakan cadar.

Baca juga : PGI: Rakyat Sudah Menentukan Pilihan, Kita Harus Menghormati Hasilnya

"Kita semua perlu menghormati mereka yang bercadar. Sebagaimana kita juga hormat kepada orang-orang lain yang menggunakan berbagai macam atribut keagamaan," jelas Menteri Agama dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (19/5/2018).

"Pengguna cadar, juga diharapkan bisa memahami sekaligus menghormati situasi lingkungan sekitarnya.," imbuh Menteri Lukman.

Baca juga : Kemenag Minta Masyarakat Jangan Membabi Buta Boikot Semua Produk Terafiliasi Israel

Apalagi, lanjutnya lagi, kondisi belakangan ini, sebagian besar masyarakat kita punya semacam kerisauan atau keresahan terhadap mereka yang gunakan cadar.

Menurut Lukman, pengguna cadar sebaiknya tetap berbaur dengan masyarakat, sehingga prasangka terhadap mereka diyakini akan menghilang.

Baca juga : Hormati Keberagaman dan Miliki Kematangan Berpolitik, REDS Gaspol Bagi Kemenangan Ganjar-Mahfud

Menteri Lukman menerangkan alasan pemakaian cadar sesungguhnya diyakini karena sesuai dengan pemahaman serta pengamalan ajaran agama yang dianut para penggunanya, sehingga tidak tepat jika mereka disamaratakan dengan kelompok radikal.

"Tapi yang pasti yang memakai cadar maupun yang tidak, itu harus sama-sama menghormati. Kedua pihak punya kewajiban untuk memberikan rasa aman bagi lingkungan sekitarnya," kata dia.

Pernyataan Menteri Lukman Hakim tersebut terkait insiden peledakan bom di tiga gereja di Surabaya pada Minggu (13/5/2018) lalu, yang mana dua diantaranya pelaku adalah perempuan bercadar.

Akibat dari adanya sosok wanita bercadar tersebut akhirnya membuat sebagian masyarakat merasa resah dan curiga kepada para pengguna cadar. (Lka)

Artikel Terkait
PGI: Rakyat Sudah Menentukan Pilihan, Kita Harus Menghormati Hasilnya
Kemenag Minta Masyarakat Jangan Membabi Buta Boikot Semua Produk Terafiliasi Israel
Hormati Keberagaman dan Miliki Kematangan Berpolitik, REDS Gaspol Bagi Kemenangan Ganjar-Mahfud
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas