INDONEWS.ID

  • Selasa, 10/07/2018 20:58 WIB
  • Bertemu Menaker Singapura, Dubes RI Bahas Perlindungan TKI Hingga Pariwisata

  • Oleh :
    • hendro
Bertemu Menaker Singapura, Dubes RI Bahas Perlindungan TKI Hingga Pariwisata
Dubes RI Ngurah Swajaya bertemu dengan Menaker Singapura Josephine Teo

Singapura, INDONEWS.ID - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya bertemu Menteri Tenaga Kerja Singapura, Josephine Teo. Pertemuan yang pertama kali sejak Menteri Josephine Teo menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja. Kedua Pejabat membahas berbagai isu ketenagakerjaan kedua negara, khususnya mengenai perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Singapura. 

Dalam pertemuan, Dubes Ngurah Swajaya mengapresiasi peranan Kementerian Tenaga Kerja Singapura (MoM) dalam memberikan perlindungan bagi para PMI dan mengharapkan agar Indonesia dan Singapura terus berkoordinasi dalam memberikan manfaat timbal balik yang positif untuk PMI dan kedua negara. 

Baca juga : KBRI Moskow Hadirkan "Wonderful Indonesia: Bali and Beyond" pada Ajang Pameran Pariwisata MITT Moskow 2023

Dubes Ngurah Swajaya menjelaskan bahwa KBRI Singapura mengedepankan aspek “Beyond Protection”, yaitu pemberdayaan dan peningkatan kapasitas bagi PMI melalui penyelenggaraan pelatihan keterampilan di berbagai bidang yang diminati, sehingga para PMI memiliki modal keterampilan untuk memulai karir baru pada saat mereka kembali dari Singapura.

Dubes Ngurah Swajaya telah memberikan sertifikat hasil pelatihan kepada 600 PMI pada Minggu(8/7/2018) lalu yang mencakup bidang-bidang barista, baking, menjahit, tata rias dan sebagainya. Kegiatan KBRI Singapura tersebut sangat diapresiasi oleh Menaker Josephine Teo.

Baca juga : Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Ambil Bagian di WTM 2019 London

Sementara Menteri Teo juga menyatakan keinginannya untuk menindaklanjuti hasil pertemuannya dengan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri di Jenewa pada bulan Juni 2018 yang lalu di sela-sela 107th International Labour Conference- Jenewa.Diantaranya mengenai kerja sama Skill and Career Development antara lembaga terkait di Indonesia dan Singapura.

Menteri Teo mengharapkan kunjungan kerja Menaker Dhakiri ke Singapura untuk membahas tidak lanjut pembicaraan dimaksud.

Baca juga : Lagi, Kemenlu Berhasil Bawa Pulang Dua WNI Yang Divonis Hukuman Mati

Selain bertukar pikiran mengenai Perlindungan PMI, Dubes Ngurah Swajaya juga memaparkan keinginan agar Pekerja Indonesia dimungkinkan melakukan on the job training untuk sektor hospitality, termasuk dalam bidang pariwisata.

Saat ini, pelatihan juga diberikan untuk “caregiver” dan perawat yang diharapkan dapat mengisi lowongan yg dibutuhkan di Singapura.

Mengingat potensi yg besar dalam bidang pariwisata dan ekonomi digital, Menteri Teo juga menyampaikan kesiapan mendukung kerjasama peningkatan SDM dan kerjasama antar lembaga pelatihan. 

Mengakhiri pertemuan, disepakati KBRI dan Kemenaker Singapura terus berkonsultasi dan berkoordinasi untuk perlindungan PMI di Singapura dan menjamin manfaat timbal balik.

Dubes RI Ngurah Swajaya memberikan Buku RISING-50 untuk peringatan 50 Tahun Hubungan Bilateral kedua negara yg diperingati pada 7 September 2017.(hdr)

Artikel Terkait
KBRI Moskow Hadirkan "Wonderful Indonesia: Bali and Beyond" pada Ajang Pameran Pariwisata MITT Moskow 2023
Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Ambil Bagian di WTM 2019 London
Lagi, Kemenlu Berhasil Bawa Pulang Dua WNI Yang Divonis Hukuman Mati
Artikel Terkini
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas