INDONEWS.ID

  • Selasa, 17/07/2018 13:20 WIB
  • The Habibie Center: Moeldoko Dinilai Tegas, dan Karismatik

  • Oleh :
    • very
The Habibie Center: Moeldoko Dinilai Tegas, dan Karismatik
Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. (Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Peneliti politik The Habibie Center Bawono Kumoro mengatakan keunggulan sosok militer seperti Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam bursa bakal calon wakil presiden adalah dinilai tegas dan karismatik.

"Calon yang berlatar belakang militer cenderung lebih disukai dari aspek ketegasan, karismatik dan wibawa yang itu tidak dimiliki oleh calon-calon yang tidak berlatar belakang militer," ujar Bawono dikutip Antara di Jakarta, Senin.

Persepsi dari sebagian pemilih di Indonesia, menurut Bawono, adalah apabila mencari ketegasan dan kewibawaan dari seorang pemimpin maka sebaiknya yang berlabel militer.

Keunggulan tersebut terlihat dari setiap kontestasi, terutama pilpres, dari calon militer yang muncul. Misalnya Ketum Umum DPP Partai Gerindra Prabowo dan Ketum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Dalam konteks cawapres salah satu militer misalnya juga muncul sebagai cawapres Joko Widodo ada Moeldoko, sementara cawapres Prabowo ada Agus Harimurti Yudhoyono atau Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo," tutur Bawono.

Terkait peluang sosok militer seperti Moeldoko, sebagai cawapres Jokowi, hal itu tergantung pada kebutuhan. Apabila Joko Widodo atau partai koalisi merasa yang dibutuhkan adalah sosok untuk membantu akselerasi ekonomi, menurut dia, maka pilihannya bukanlah nama Moeldoko

Begitu pula jika kebutuhannya untuk membendung persepsi bahwa Joko Widodo tidak dekat dengan umat Islam, maka yang menjadi pilihan mungkin sosok lain.

"Kembali pada capres, yang tahu kebutuhan adalah capres sendiri," tutur Bawono. (Very)

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Mengenal Lebih Jauh Ayush Systems of Medicine India dan Perannya di WHO
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas