INDONEWS.ID

  • Jum'at, 05/10/2018 06:40 WIB
  • Dubes RI untuk Yordania dapat Brevet dari Pasukan Garuda

  • Oleh :
    • hendro
Dubes RI untuk Yordania dapat Brevet dari Pasukan Garuda
Dubes RI Andy Rachmianto bersama pasukan Garuda yang tergabung dalam Unifil 2018 di Lebanon Selatan.

Amman, INDONEWS.ID - Atas undangan Komandan Batalyon Pasukan Pemeliharaan Perdamaian RI di Unifil, Lebanon Selatan, Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, menghadiri Parade Medali Pasukan Garuda Unifil 2018 di Markas Indobatt, Lebanon Selatan, waktu setempat.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Komandan Pasukan (Force Commander) UNIFIL, Mayjen Stefano Del Col (Italia) dan Dubes RI untuk Lebanon, Achmad Chozin Chumaidy, telah dilakukan penyematan medali penghargaan dari Sekretaris Jenderal PBB kepada para komandan dan personil pasukan perdamaian RI atas jasa dan pengabdian mereka selama bertugas di misi perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL).

Baca juga : WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional

Selain diwarnai dengan penyematan medali penghargaan,  acara Parade Medali juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni seperti calung reog, tari piring dan tari kecak yang dibawakan oleh personil pasukan Garuda. 

Acara ini semakin menarik dengan penampilan defile senjata, pencak silat dan peragaan bela diri oleh personil pria maupun wanita. Pertunjukan dan penampilan seni dan budaya yang dilakukan oleh tentara profesional itu mendapatkan tepuk tangan meriah dari Komandan Pasukan UNIFIL dan para tamu undangan dari Angkatan Bersenjata Lebanon dan pasukan perdamaian negara lain yang bergabung dalam UNIFIL.

Baca juga : ICC Terbitkan Surat Penangkapan Terkait Konflik Gaza, Hikmahanto: Tiga Alasan Masih Sulit Dilakukan

Dalam acara makan siang setelah parade medali, Komandan Batalyon Pasukan Perdamaian Garuda di UNIFIL, Kolonel Murbianto Adhi Wibowo, yang disaksikan oleh Dubes Ahmad Chozin, telah menganugerahkan dan menyematkan brevet Pasukan Garuda kepada Dubes RI Andy Rachmianto. 

Pemberian brevet tersebut sebagai bentuk penghargaan  atas peranan Dubes Andy sewaktu masih menjabat sebagai Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata (KIPS), Kementerian Luar Negeri RI, periode 2013-2017, yang banyak membantu dalam koordinasi kebijakan dan penyiapan pengiriman pasukan RI untuk misi perdamaian PBB di berbagai negara, termasuk UNIFIL.

Baca juga : Wakil Kanselir Jerman: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara

Dubes Andy merasa bangga dan menyatakan terima kasih atas penyematan brevet Pasukan Garuda tersebut. Lebih lanjut, diplomat karir yang pernah dua kali bertugas pada Perutusan Tetap RI pada PBB di New York menegaskan harapan agar RI dapat mewujudkan “Visi 4000 Pasukan Perdamaian” sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam memelihara perdamaian dan keamanan internasional yang diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945. 

Pasukan perdamaian Garuda yang berjumlah lebih dari 1.300 personil, termasuk Satuan Tugas Maritim (Maritime Task Force) yang diperkuat KRI Sultan Hasanusdin, merupakan pasukan terbesar di misi UNIFIL yang berkekuatan lebih dari 10.400 pasukan dari 41 negara anggota PBB. 

Pengiriman dan partisipasi  pada berbagai misi perdamaian PBB merupakan bentuk kontribusi Indonesia dalam penciptaan perdamaian dunia. Menurut Dubes Andy, komitmen ini diharapkan dapat menjadi salah satu modalitas bagi kiprah Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 mendatang.(hdr)

Artikel Terkait
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Terkait Konflik Gaza, Hikmahanto: Tiga Alasan Masih Sulit Dilakukan
Wakil Kanselir Jerman: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Artikel Terkini
Catatan Kasih KBCF Teruntuk Marsekal (Purn) Chappy Hakim
Dugaan Langgar Netralitas dan Disiplin, Barikade Laporkan Sekda Kota Depok Supian Suri ke KASN dan BKN
Maju Pilgub Papua Pegunungan, Bupati Mamberamo Raya Daftar ke Partai Gelora
Hadir di KTT WWF Bali, AHY Bahas Tiga Hal Penting Terkait Air
Libur Waisak 2024, KAI Siapkan 20 Kereta Tambahan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas