INDONEWS.ID

  • Minggu, 07/10/2018 17:31 WIB
  • Relawan Lokal Dan Asing Antusias Bersatu Untuk Sulteng

  • Oleh :
    • Ronald
Relawan Lokal Dan Asing Antusias Bersatu Untuk Sulteng
Relawan Lokal dan Asing Antusias Bantu Korban Bencana Gempa di Sulteng
Jakarta, INDONEWS.ID - Relawan Kemanusiaan dari Indonesia Bidang Search and Rescue, Unggul Sudarajat mengatakan antusiasme relawan asing yang datang ke Palu, Sulawesi Tengah sangat besar. Ada beberapa relawan yang tengah bergabung yakni negara Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Filipina, Australia, Eropa, Perancis, Jerman dan swis, Turki, dan Arab Saudi.
 
Unggul mengakui relawan Indonesia sangat mempelajari ilmu dan pengetahuan dari negara masing-masing. Semua negara juga diperkenalkan oleh prosedur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia agar mempermudah mereka untuk melakukan aktifitas kemanusiaan.

"Tentunya harus melalui prosedur yaitu melapor, perizinan dan sebagainya, setelah di data dan prosedurnya sudah berjalan dengan baik. Saya yakin mereka akan lebih banyak bisa bergerak. Lalu pemerintah membantunya dengan kemudahan sepanjang mereka memenuhi syarat prosedur dan hukum yang berlaku di Indonesia," jelasnya, Sabtu (6/10).

Selanjutnya, pemerintah dari sisi keamanan negara juga harus memperkenalkan dahulu budaya yang tertimpa bencana agar tidak timbul sensitifitas dan menghormati sesama.

Baca juga : Fransiskan, Vespa Lovers dan FRKP Salurkan Bansos untuk Terdampak Covid-19

"Tujuan mereka datang, tidak membuat masalah baru. Misalnya masalah sensitifitas tentang agama dan budaya. Mereka juga umumnya kalau di dampingi oleh relawan Indonesia kita mengenalkan kepada mereka tentang agama, adat, budaya, dalam artian agar saling menghormati dan menjaga toleransi," jelas Unggul.

Sekedar informasi, relawan Indonesia serta negara asing bersatu bersama untuk menanggulangi bencana dan membuat masyarakat bangkit kembali. Menurutnya, di dalam sebuah bencana yang mereka tahu hanya saling membantu dan membangkitkan.

"Jadi dalam bencana semua hanya satu suara yaitu “saling membantu “, tidak peduli itu nasional, international, warga sipil, atau TNI-Polri," ujar Unggul. 

Saat ini mereka (relawan) memfokuskan membantu masyarakat terutama untuk membangun rumah ibadah agar dapat selalu beribadah dengan tekun, distribusi air bersih, mengembalikan psikologis mental masyarakat yang trauma, mengurus pendistribusian yang dibutuhkan masyarakat. (ronald)

Artikel Terkait
Fransiskan, Vespa Lovers dan FRKP Salurkan Bansos untuk Terdampak Covid-19
Artikel Terkini
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas