INDONEWS.ID

  • Jum'at, 28/12/2018 06:35 WIB
  • Perbaikan Flyover Cengkareng, Kemen PUPR Targetkan 8 Hari Selesai

  • Oleh :
    • Ronald
Perbaikan Flyover Cengkareng, Kemen PUPR Targetkan 8 Hari Selesai
Kemen PUPR targetkan perbaikan flyover Cengkareng selesai dalam waktu 8 hari terhitung mulai dari tanggal 27 Desember 2018 sampai terakhir tanggal 3 Januari 2019.

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga saat ini tengah melakukan perbaikan flyover Cengkareng B yang berada di ruas Jalan Nasional (Non Tol) Lingkar Barat, Jakarta Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemeliharaan berkala yang sudah terjadwal. 

Dalam rilis yang diterima INDONEWS.ID, Kamis (27/12/2018) dijelaskan bahwa sejak hari ini, Kamis (27/12/2018) hingga tanggal 3 Januari 2019 proyek pengerjaan ini ditargetkan selesai. Artinya ada waktu 8 hari untuk perbaikan flyover Cengkareng ini.

Baca juga : Lahan di Jalan Tole Iskandar Depok Jabar Sah Milik YPKC, Kuasa Hukum: Kami Akan Tempuh Langkah Hukum

Selama masa perbaikan, flyover yang dibangun tahun 2008 dan selesai tahun 2009 dengan konstruksi beton prategang (box girder continuous) dengan panjang bentang 560 meter akan ditutup sementara waktu demi keamanan selama proses perbaikan.

Sedangkan untuk kelancaran lalu lintas, akan diberlakukan satu arah dengan 2 lajur, yaitu dari Kembangan menuju Kamal-Cengkareng. Sementara untuk 2 lajur flyover Cengkareng A dari arah Kamal menuju Kembangan tetap dapat dilintasi secara normal.

Baca juga : Jalan Tol Diprediksi Rampung Tahun 2024, Dewan: Sudah Konsultasi ke Bappenas

Untuk diinformasikan, perbaikan yang dilakukan terhadap flyover ini mencakup penggantian perletakan atau landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11 dari keseluruhan 14 pilar. 

Sampai berita ini ditulis, pekerjaan yang tengah dilakukan adalah perkuatan dengan pemasangan penyangga (shoring), untuk selanjutnya dilakukan pengangkatan (jacking) dan penggantian pot bearing dan pemasangan expansion joint menggunakan asphaltic. Secara paralel juga akan dilakukan perkerasan beton oprit flyover.  

Baca juga : Jalan Tol akan Melintasi Sungai Batanghari, Begini Penjelasan Kepala BPJN

Selama proses perbaikan dilakukan dengan mengutamakan aspek Keamanan Keselamatan Kerja (K3) baik kepada para pekerja maupun lingkungan sekitar, terlebih ruas jalan tersebut merupakan jalan perkotaan dengan lalu lintas padat. 

Adapun beberapa upaya yang dilakukan selama masa perbaikan ini adalah pemasangan median concrete barrier (MCB), penerangan lampu, pemasangan jaring pengaman serta menyiagakan personil untuk membantu pengalihan arus lalu lintas ke jalan alternatif yang dikoordinasikan oleh Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas), Kantor Walikota Jakarta Barat, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pengatur transportasi Jabodetabek (BPTJ).     

Sementara itu, bagi para pengendara dari arah Kembangan ke Kamal, tetap dapat menggunakan 2 lajur tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan 2 lajur jalan arteri untuk melintasi Jalan Daan Mogot. Sedangkan dari arah Kamal - Cengkareng ke Kembangan, sebanyak 6 lajur jalan dapat dilalui seluruhnya yang terdiri dari 2 lajur Flyover Cengkareng A, 2 lajur tol JORR dan 2 lajur jalan arteri (Non Tol) Lingkar Luar Barat.

Dengan adanya perbaikan tersebut, Kementerian PUPR menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan selama proses perbaikan berlangsung dan menghimbau kepada para pengendara untuk senantiasa berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi arahan dari petugas di lapangan dan rambu-rambu yang tersedia. (ronald)

Artikel Terkait
Lahan di Jalan Tole Iskandar Depok Jabar Sah Milik YPKC, Kuasa Hukum: Kami Akan Tempuh Langkah Hukum
Jalan Tol Diprediksi Rampung Tahun 2024, Dewan: Sudah Konsultasi ke Bappenas
Jalan Tol akan Melintasi Sungai Batanghari, Begini Penjelasan Kepala BPJN
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas