INDONEWS.ID

  • Rabu, 20/03/2019 13:25 WIB
  • Rapat Kordinasi Pengamanan Pemilu 2019, Menkopolhukam : Keamanan Dijamin Aman

  • Oleh :
    • luska
 Rapat Kordinasi Pengamanan Pemilu 2019, Menkopolhukam : Keamanan Dijamin Aman
Rapat kordinasi kesiapan pengamanan Pemilu 2019 di Kemenkopolhukam.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka mematangkan situasi keamanan dan pengamanan Pemilu 2019 pada 17 April 2019 mendatang, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Kemenko Polhukam) menggelar rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Dalam rapat koordinasi ini, turut hadir Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Waka BIN Teddy Lhaksmana, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan beberapa lembaga dan kementerian yang lain.

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel

"Hari ini kami lakukan konsolidasi sukses pemilu dengan melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh pejabat (daerah)," jelas Wiranto membuka rapat koordinasi kepada aparat keamanan tiap daerah lewat layar konferensi.

Rapat ini juga diikuti berbagai elemen pengamanan di daerah. Namun mereka tidak hadir langsung, melainkan mengikuti rapat lewat video telekonferensi.

Baca juga : Terima Surat Rekomendasi dari Menkopolhukam, Serikat Tani Batu Ampar Datangi Kementerian ATR/BPN

Menurut Wiranto, keamanan selama masa kampanye sampai Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April nanti tidak akan terwujud secara tiba-tiba, untuk itu diperlukan koordinasi yang baik dan kerja sama dari seluruh aparat keamanan.

"Kita harus sadar bahwa keamanan Pemilu bukan kondisi yang jatuh dari langit tapi merupakan satu hasil kerja keras, kerja sama dan kerja ikhlas dari seluruh aparatur keamanan nasional, jelas Wiranto.

Baca juga : Dihadiri Menkopolhukam, Mantan Menristek Luncurkan Buku "Demokrasi Sebagai Tanggung Jawab"

Rapat tersebut dimulai pukul 09.30 WIB dan diselenggarakan secara tertutup. Sebelumnya, Wiranto mengaku sudah melakukan rapat bersama KPU dan Bawaslu menjelang rapat ini.

"Beberapa hari yang lalu kita menggelar rapat antara aparat keamanan dengan KPU dan Bawaslu, intinya adalah melakukan kesiapan dalam rangka menghadapi akhir tahapan Pemilu," jelas Wiranto.

Dijelaskan Wiranto, saat ini ada isu seolah akan muncul konflik pada saat pelaksanaan pemilu sehingga membuat beberapa orang hendak pergi ke luar negeri untuk mengamankan diri. Dikatakan Wiranto isu tersebut tidaklah benar dan masyarakat tidak perlu khawatir ataupun resah.

Menurutnya, pemerintah menjamin Pemilu 2019 akan berlangsung dengan damai.

"Aparat keamanan memastikan pemilu akan berjalan aman. Tugas Saudara (aparat keamanan di daerah) itu menjelaskan bahwa pemilu aman, mengajak masyarakat agar tidak golput," kata Wiranto. (Lka)

Artikel Terkait
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Terima Surat Rekomendasi dari Menkopolhukam, Serikat Tani Batu Ampar Datangi Kementerian ATR/BPN
Dihadiri Menkopolhukam, Mantan Menristek Luncurkan Buku "Demokrasi Sebagai Tanggung Jawab"
Artikel Terkini
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas