INDONEWS.ID

  • Rabu, 19/06/2019 12:05 WIB
  • Lakukan Ilegal Fishing, KKP Tangkap KIA Malaysia di Selat Malaka

  • Oleh :
    • luska
Lakukan Ilegal Fishing, KKP Tangkap KIA Malaysia di Selat Malaka
Pangkalan TNI AL Ranai Musnahkan 3 Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam Pelaku Ilegal Fishing Di Perairan Pulau Tiga Natuna.(Dispen Koarmabar)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap satu kapal perikanan asing berbendera Malaysia di perairan Selat Malaka pada Selasa (18/6/2019). 

Penangkapan dilakukan oleh Kapal Pengawas Perikanan (KP) Hiu 03 yang dinakhodai Capt. Adriansyah Pamuji atas kecurigaan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing).

Penangkapan atas kapal PKFA 7751 dilakukan saat mereka sedang menangkap ikan tanpa izin (illegal fishing) di perairan Selat Malaka, sekitar 1 mil laut masuk perairan Indonesia. Kapal tersebut diawaki empat orang berkewarganegaraan Myanmar.

Selain tidak memiliki kengkapan dokumen. kapal itu menggunakan alat tangkap terlarang trawl dan tak mengibarkan bendera negara asal. Setelah diperiksa, kapal tersebut berasal dari Malaysia.

Kegiatan tersebut diduga melanggar Undang-undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 45 Tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling banyak Rp20 miliar.

Selanjutnya, kapal dan seluruh awak kapal dibawa ke Pangkalan PSDKP Batam Kepulauan Riau dan akan dilakukan penyidikan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan. (Lka)

Baca juga : KKP Pantau Kapal Ilegal Fishing 24 Jam
Artikel Terkait
KKP Pantau Kapal Ilegal Fishing 24 Jam
Rizal Ramli: Ekspor Pasir Laut Sama Saja dengan Menjual Negara
Program Tangkapan Ikan Besar, LaNyalla Ingatkan Nasib Nelayan Kecil
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas