INDONEWS.ID

  • Sabtu, 29/06/2019 20:30 WIB
  • Bertemu Presiden Jokowi, Presiden Xi: Impor CPO Indonesia Lampaui 1 Juta Ton

  • Oleh :
    • very
Bertemu Presiden Jokowi, Presiden Xi: Impor CPO Indonesia Lampaui 1 Juta Ton
Presiden Jokowi dan Presiden RRT Xi Jinping melakukan pertemuan di sela-sela KTT G-20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6). (Foto: Setpres)

Jepang, INDONEWS.ID -- Selain bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela kegiatannya mengikuti KTT G-20 di Osaka, Jepang, juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, Jumat (28/6).

Seperti dikutip Setkab.go.id, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang hadir dalam pertemuan itu kepada wartawan mengatakan, seperti juga Presiden Korsel, pada awal pertemuan, Presiden RRT Xi Jinping juga menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden dengan selesainya semua proses pemilu.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

“Presiden Xi juga menyampaikan hal yang sama dan di awal pertemuan Presiden juga menyampaikan outlook ASEAN mengenai Indo Pasifik dan juga mendapatkan dukungan dari RRT,” ujar Menlu di Hotel New Otani, Osaka, Jepang, Jumat (28/6) sore.

Dalam diskusi antara Presiden Xi dan Presiden Jokowi itu, menurut Menlu, dibahas mengenai upaya untuk mengurangi defisit perdagangan antara Indonesia dengan RRT, dan begitu pun juga bahwa untuk tahun lalu impor RRT terhadap CPO Indonesia sudah melampaui angka 1 juta ton yang berarti sudah lebih dari angka yang dijanjikan oleh Presiden Xi sebelumnya.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Kemudian yang selanjutnya Presiden Xi menyampaikan bahwa tahun lalu Indonesia mengikuti Expo Export Import yang ada di Shanghai, dan mengharapkan agar pada tahun ini Indonesia juga mengikuti. “Rencananya kita juga akan mengikuti dan dari pihak Tiongkok akan memberikan perhatian yang khusus kepada Indonesia,” ujar Menlu.

Yang lain adalah Presiden tadi membahas bahwa rencananya akan ada pertemuan antara Presiden Trump dan Presiden Xi, dan Presiden mengharapkan mudah-mudahan akan ada terobosan yang signifikan.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Mendag Enggartiasto Lukita, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan Menperin Airlangga Hartarto. (Very)

 

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian
Mendagri Minta Pj. Kepala Daerah Segera Penuhi Anggaran Pilkada 2024
Pj Bupati Maybrat Gelar Pertemuan dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kemen LHK
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas