INDONEWS.ID

  • Sabtu, 06/07/2019 15:04 WIB
  • Peneliti Formappi Sebut Bamsoet Layak Maju Calon Ketum Golkar

  • Oleh :
    • Mancik
Peneliti Formappi Sebut Bamsoet Layak Maju Calon Ketum Golkar
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia ( Formappi) Lucius Karus. (Foto: Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menyatakan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo(Bamsoet) layak untuk maju menjadi calon ketua umum Partai Golkar dalam Munas Golkar mendatang. Hal ini ia sampaikan menanggapi pertanyaan media soal kelayakan Bamsoet maju sebagai calon ketum partai berlambang beringin tersebut.

Menurut Lucius, Bamsoet merupakan kader Partai Golkar dan pantas untuk mencalonkan diri memimpin partai. Namun, ia menegaskan, setiap partai politik, termasuk Partai Golkar mempunyai mekanisme tersendiri dalam menentukan ketua umumnya.

Baca juga : PDIP Dukung Kader Golkar Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR

"Saya kira lebih banyak internal Golkar. Kalau soal layak atau tidak layak, saya kira dia sebagai kader Golkar ya layak-layak saja. Cuma kan kita tidak tahu mekanisme internal Golkar seperti apa sekarang ini," kata Lucius. Jakarta, Sabtu,(6/07)

Bamsoet, demikian Lucius, terlihat konsisten dalam melaksanakan agenda-agenda yang sudah ditetapkan oleh parlemen. Paling tidak, kata Lucius, kerjap-kerja seperti menjadi pengalaman bagi Bamsoet untuk menahkodai sebuah partai politik.

Baca juga : Catatan Kritis Formappi Bagi Anggota DPR Periode 2019-2024

Selain itu, dalam pantaun Formappi, Bamsoet juga secara rutin melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk urusan di Parlemen. Ada upaya untuk mengejar produk legislasi yang telah ditetapkan bersama dengan seluruh anggota dewan.

"Saya kira sih cukup konsisten dia dalam mengkoordinasi pekerjaan-pekerjaan DPR, ada upaya untuk kemudian mengejar target-target legislasi," jelasnya.

Baca juga : Airlangga Hartarto Diprediksi Terpilih Aklamasi di Munas Golkar 2019

Lebih lanjut Lucius menjelaskan, kerja-kerja parlemen di bawah kepemimpinan Bamsoet, belum terlihat tanda-tanda keberhasilannya. Faktor penyebabnya karena ketua DPR sendiri memiliki waktu terbatas untuk menyelesaikan kerja-kerja di DPR.

"Dia sudah rutin atau konsisten buat perencanaan legislasi dalam jumlah yang terbatas, membuat target lebih realistis. Saya kira itu sudah cukup bagus dilakukan Bamsoet, walaupun waktu untuk membuktikan kepiawaiannya memimpin memang belum terlihat karena waktunya juga terbatas," tutup Lucius.*(Marsi Edon)

 

 

 

 

 

Artikel Terkait
PDIP Dukung Kader Golkar Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR
Catatan Kritis Formappi Bagi Anggota DPR Periode 2019-2024
Airlangga Hartarto Diprediksi Terpilih Aklamasi di Munas Golkar 2019
Artikel Terkini
Wujudkan Kemandirian Daerah, Kepala BSKDN Dorong Proyek Perubahan Jadi Inovasi
Dies Natalis ke-57, Universitas YARSI Wisuda 406 Sarjana dan Pascasarjana
Bamsoet: Sudahi Konflik, Mari Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran
PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik
Karya Sastra Puisi Indonesia dan Kazakhstan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas