INDONEWS.ID

  • Senin, 08/07/2019 23:01 WIB
  • Kasus BLBI, KPK Sebut Itjih Nursalim Ikut Terlibat

  • Oleh :
    • Ronald
Kasus BLBI, KPK Sebut Itjih Nursalim Ikut Terlibat
Juru Bicara KPK Febri Diansyah (ist)

Jakarta, indonews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Itjih Nursalim memiliki peran dalam dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI).

Lembaga antirusuah tersebut saat ini terus mempertajam bukti-bukti keterlibatan Itjih dan suaminya, Sjamsul Nursalim dalam proses penyidikan dugaan korupsi SKL BLBI yang menjerat pasangan suami istri itu sebagai tersangka.

"Saya kira itu sudah dijelaskan ya kemarin pada saat konferensi pers dan juga sudah muncul di proses persidangan yang bersangkutan diduga bersama-sama dan memiliki peran dalam konstruksi perkara ini," kata Jubir KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Peran Itjih telah terungkap dalam proses persidangan dengan terdakwa mantan Kepala BPPN, Syafruddin Arsyad Temenggung maupun saat KPK mengumumkan penetapan tersangka terhadap Sjamsul dan Itjih beberapa waktu lalu.

Salah satu peran Itjih yakni mewakili suaminya Sjamsul Nursalim dalam pengurusan penerbitan SKL BLBI. Dalam proses pengurusan tersebut, KPK mengidentifikasi sejumlah pertemuan yang dilakukan Itjih dengan sejumlah pihak, termasuk dengan Syafruddin.

Meski demikian, Febri masih enggan mengungkap lebih rinci mengenai peran Itjih. Termasuk saat disinggung adanya dugaan pembicaraan Itjih dengan Syafruddin agar BDNI milik Sjamsul mendapatkan SKL BLBI.

Hal ini lantaran kasus ini masih dalam proses penyidikan. KPK bakal membeberkan secara lebih rinci bukti-bukti dugaan keterlibatan Itjih maupun Sjamsul yang juga Bos PT Gajah Tunggal Tbk dalam proses persidangan nanti.

"Secara detail kami belum bisa sampaikan karena ini masih proses penyidikan tapi tentu ada peran masing-masing ya Apakah SJN (Sjamsul Nursalim) ataupun ITN (Itjih Nursalim) dalam pokok perkara ini," tandas Febri. (rnl)

 

Baca juga : Perangi Korupsi, Pj Bupati Maybrat Buka Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi
Artikel Terkait
Perangi Korupsi, Pj Bupati Maybrat Buka Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi
Koalisi Masyarakat Sipil Laporkan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Pesawat Mirage 2000-5 ke KPK
KPK Panggil 2 Saksi Terkait Korupsi Pengadaan APD di Kemenkes
Artikel Terkini
Amicus Curiae & Keadilan Hakim
Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas