INDONEWS.ID

  • Senin, 05/08/2019 12:05 WIB
  • Hari Ini, Pansel Umumkan Capim KPK Yang Lulus Ujian Psikologi

  • Oleh :
    • Ronald
Hari Ini, Pansel Umumkan Capim KPK Yang Lulus Ujian Psikologi
anitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Pansel Capim KPK akan mengumumkan jumlah peserta yang lolos tes psikologi pada hari ini, Senin (5/8). (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Pansel Capim KPK akan mengumumkan jumlah peserta yang lolos tes psikologi pada hari ini, Senin (5/8). Para capim KPK telah mengikuti tes psikologi atau tahap ketiga tersebut pada Minggu (28/7) lalu.

Sebelum mengumkan kandidat yang lulus pada tahap ketiga, tim yang dipimpin oleh Yenti Ganarsih itu terlebih dahulu menggelar rapat internal.

Baca juga : Pembunuhan Anak, NF Jalani Tes Psikologi di RS Polri Sukanto

“Pagi ini Pansel rapat terlebih dahulu, kemungkinan (pengumuman lulus tes psikologi) baru siang atau sore,” kata anggota Pansel Capim KPK Hendardi, Senin (5/8/2019).

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Capim KPK Yenti Garnasih tidak tidak membeberkan prediksi jumlah capim yang lolos tes psikologi ini. 

"Setelah jam 14.00 WIB di Gedung Utama Setneg (Sekretariat Negara)," ujarnya.

Baca juga : ISPPI Percayakan DPR Lakukan Fit and Proper Test Bagi Capim KPK

Dirinya hanya berharap setidaknya 50 peserta bisa lolos dalam tahap lanjutan ini.

"Saya berharap semoga bisa di atas 50 orang, jadi supaya nanti ada tahap selanjutnya kita masih ada sedia orang," ujarnya.

Sebelumnya, 104 peserta yang dinyatakan lolos uji kompetensi telah mengikuti tes psikologi pada Minggu (28/7) lalu. Mereka yang mengikuti tes seleksi tahap tiga tersebut sembilan di antaranya merupakan anggota pensiunan Polri, tujuh hakim, dua mantan hakim, empat jaksa, serta dua pensiunan jaksa. Sementara itu, ada pula dari unsur KPK sebanyak 14 orang, dosen 19 orang, advokat 11 orang, hingga auditor empat orang.

Baca juga : Dianggap Rahasia, Pansel KPK Tidak Akan Berikan Hasil Tes Kesehatan Capim Ke DPR

Selain itu, tiga komisioner KPK periode 2015-2019 juga mengikuti tahap tes psikologi yaitu, Alexander Marawata, Basaria Panjaitan, dan Laode M Syarief. Selain ketiga pimpinan KPK, ada juga sejumlah nama internal KPK yang lolos uji kompetensi.

Mereka adalah Plt Sekretaris Jenderal KPK Pahala Nainggolan, Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari, hingga Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono.

Jenderal polri aktif yang mengikuti tes psikologi diantaranya, Wakabareskrim Irjen Antam Novambar, Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin, Brigjen Bambang Sri Herwanto dari Sespim Lemdiklat Polri, serta Kepala Biro Penyuluhan Hukum Mabes Polri Brigjen Agung Makbul.

Selain itu, Irjen Dharma Pangrekun, perwira tinggi Bareskrim Polri di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Brigjen M Iswandi Hari yang ditugaskan di Kemenakertrans, dan Irjen Juansih yang kini menjabat Analisis Kebijakan Polri Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Wakil Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani, dan Kapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri. (rnl)

Artikel Terkait
Pembunuhan Anak, NF Jalani Tes Psikologi di RS Polri Sukanto
ISPPI Percayakan DPR Lakukan Fit and Proper Test Bagi Capim KPK
Dianggap Rahasia, Pansel KPK Tidak Akan Berikan Hasil Tes Kesehatan Capim Ke DPR
Artikel Terkini
Mendagri Minta Pemda Lakukan Terobosan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah
Tingkatkan Penjualan dengan Chatbot WhatsApp CRM dari Kommo: Bisnis Monoton? Perbaiki dan Berikan Inovasi Baru Melalui Komunikasi!
DR Rizal Sukma Terpilih menjadi Anggota Board of Advisers International IDEA
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024
Terinspirasi Langkah Indonesia, Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas