INDONEWS.ID

  • Sabtu, 05/10/2019 10:01 WIB
  • Jamin Keamanan Wamena, Moeldoko: Pemerintah Sedang Pulihkan Kondisi Agar Mengurangi Orang Eksodus

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jamin Keamanan Wamena, Moeldoko: Pemerintah Sedang Pulihkan Kondisi Agar Mengurangi Orang Eksodus
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sejak kerusuhan melanda Wamena pada 23 September 2019, sejumlah warga non-Papua mengungsi ke daerah lain. Berdasarkan data Kementerian Sosial, sejak 23 September hingga 2 Oktober 2019 tercatat sebanyak 11.646 orang telah meninggalkan Wamena

Merespon hal tersebut, pemerintah berupaya memulihkan kondisi keamanan Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Masyarakat yang telah meninggalkan Wamena pun diimbau untuk kembali lagi setelah situasi kondusif.

Baca juga : KSP Ungkap Pendapatan Perkapita Indonesia Tembus US$4.580

Hal itu dikatan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko kepada awak media di Jakarta, Jumat (4/10).

"Jaminan keamanan sedang berjalan. Saat ini jumlah kekuatan yang terlibat bagian dari salah satu upaya memberikan jaminan keamanan," kata Moeldoko.

Baca juga : Capaian Kinerja 2023: Perjalanan Indonesia Keluar dari Krisis Global

Kendati Moeldoko belum tahu apakah TNI dan Polri akan menambah jumlah pasukan untuk menjamin keamanan di Wamena. Menurutnya, pada intinya pemerintah terus menjaga agar situasi kembali stabil.

"Itu harus tercipta dulu, karena ini memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa situasi terjaga dengan baik agar mengurangi orang untuk eksodus" ujarnya.

Baca juga : Relawan "Konco Kulo Moeldoko Arek Jatim" Pasang Spanduk Moeldoko di 6 Kabupaten/Kota di Jatim

Mantan Panglima TNI itu menyebut Menkopolhukam Wiranto juga akan mengunjungi Wamena dalam waktu dekat. Ia mengatakan kehadiran Wiranto untuk memantau langsung proses pemulihan wilayah di Pegunungan Tengah itu.

"Itu yang diciptakan sekarang dan ini domainnya Pak Menkopolhukam. Dan, Pak Menko akan ke sana lagi untuk menjaga situasi," tuturnya.

Kerusuhan yang terjadi beberapa pekan lalu telah menyebabkan sebagian besar pengungsi dievakuasi ke Sentani, Jayapura, sementara lainnya kembali ke kampung halaman masing-masing.

Sebanyak 7.467 orang meninggalkan Wamena dengan penerbangan Hercules TNI AU dan 4.179 orang menggunakan penerbangan komersial. Sementara di Wamena sendiri ribuan pengungsi hingga kini masih bertahan di 34 posko.

Pengungsi di Wamena saat ini sebanyak 4.844 orang, dengan rincian 2.102 orang di Kodim 1702/Jayawijaya, 726 orang di Polres Jayawijaya, 216 orang di Koramil 1702-03/Wamena.

Lalu, sebanyak 118 orang di Sub Den Pom, 180 orang di Gereja Betlehem, 35 orang di Kantor DPRD, 96 orang di Yonif 756/WMS, 112 orang di Gereja Efata, 20 orang di Gedung Cipta Jaya, 63 orang di Masjid LDII.

Terdata juga sebanyak 125 orang mengungsi ke Gereja Advent, 60 orang di Gereja El-Shadday, 61 orang di Masjid Pasar baru, 42 orang di Kalan TNI AU Wamena dan 426 orang tersebar di beberapa titik di Wamena.*(Rikardo). 

 

Artikel Terkait
KSP Ungkap Pendapatan Perkapita Indonesia Tembus US$4.580
Capaian Kinerja 2023: Perjalanan Indonesia Keluar dari Krisis Global
Relawan "Konco Kulo Moeldoko Arek Jatim" Pasang Spanduk Moeldoko di 6 Kabupaten/Kota di Jatim
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas