INDONEWS.ID

  • Jum'at, 25/10/2019 20:59 WIB
  • Kampanyekan Udara Bersih, Pemprov DKI Gelar Karnaval Jakarta Langit Biru

  • Oleh :
    • Ronald
Kampanyekan Udara Bersih, Pemprov DKI Gelar Karnaval Jakarta Langit Biru
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Karnaval Jakarta Langit Biru pada hari Minggu (27/10/2019) mendatang. Acara ini untuk mengampanyekan udara bersih sekaligus persiapan menyambut ajang balap Formula E pada tahun depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Jakarta Langit Biru bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan hidup yang berkelanjutan di DKI Jakarta. Selain itu untuk memeriahkan Hari Listrik Nasional ke-74 sekaligus Hari Sumpah Pemuda ke-91.

Baca juga : Ada Karnaval Jakarta Langit Biru, Ini Ruas Jalan Yang Dialihkan

"Karnaval Jakarta Langit Biru juga merupakan bagian dari persiapan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E pada 2020. Lomba balap ini kan karena Formula E juga menggunakan kendaraan listrik," kata Saefullah dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Jumat (25/10/2019)

Menurut Saefullah, kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Baca juga : Bangkai Penyu Ditemukan di Pulau Pari Kepulauan Seribu

"Kegiatan ini juga untuk mengampanyekan penggunaaan kendaraan berbasis energi ramah lingkungan dan menjaga agar Jakarta minus karbon," katanya.

Karnaval Jakarta Langit Biru dimulai pada pukul 14.00-18.00 WIB. Direncanakan sebanyak 470 kendaraan listrik mulai sepeda, sepeda motor, bajaj, mobil hingga bus listrik akan meramaikan acara tersebut.

Baca juga : Bioskop Pasar Rakyat Mulai Dibangun Pemprov DKI Jakarta

Saefullah menuturkan, Jakarta Langit Biru akan dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Karnaval kendaraan listrik ini menempuh jarak kurang lebih 10 kilomenter dari Patung Pemuda, Senayan, Jakarta Selatan menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, dan kembali lagi.

Untuk mendukung kelancaran Jakarta Langit Biru, Saefullah menginstruksikan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menyiapkan sejumlah hal dalam rangka penyelenggaraan karnaval itu. Dinas Perhubungan DKI Jakarta ditugaskan menyiapkan kendaraan listrik PT Transjakarta untuk mengikuti karnaval.

"Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta mengatur parkir dan arus lalu lintas di lokasi kegiatan dan berkoordinasi dengan unit kerja/instansi terkait lain, serta menugaskan PT Transportasi Jakarta untuk menyiapkan kendaraan listrik untuk mengikuti rangkaian karnaval pada pelaksanaan kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru," demikian bunyi instruksi tersebut.

Acara juga akan dimeriahkan tim tanjidor dan kesenian Betawi, 10 pasang Abang None dan UMKM binaan DKI Jakarta. Tak hanya itu, ada pula booth untuk pemeriksaan kendaraan gratis. (rnl)

Artikel Terkait
Ada Karnaval Jakarta Langit Biru, Ini Ruas Jalan Yang Dialihkan
Bangkai Penyu Ditemukan di Pulau Pari Kepulauan Seribu
Bioskop Pasar Rakyat Mulai Dibangun Pemprov DKI Jakarta
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas