INDONEWS.ID

  • Jum'at, 29/11/2019 18:26 WIB
  • Jokowi Yakin Tahun 2027, Patimban Jadi Pelabuhan Terbesar di RI

  • Oleh :
    • Ronald
Jokowi Yakin Tahun 2027, Patimban Jadi Pelabuhan Terbesar di RI
Presiden Jokowi saat meninjau proyek pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019). (Foto : Ist)

Subang, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengaku puas saat meninjau proyek Pelabuhan Patimban Kabupaten Subang Jawa Barat dengan target peresmian awal atau soft opening pada Juni 2020.

Bahkan dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, Patimban akan menjadi pelabuhan besar tahun 2027.

"Ini Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang kita harapkan menjadi pelabuhan besar nantinya di tahun 2027. Jadi pekerjaan yang besar sehingga tahapan-tahapan memang jangka panjang," ujar Jokowi di lokasi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra

Diakui Presiden, bahwa proyek tersebut merupakan pekerjaan besar yang membutuhkan waktu yang panjang.

"Progresnya ini bagus dan kita harapkan tahapan pertama [fase I] nanti akan kita selesaikan [untuk soft opening] pada Juni 2020," ujarnya.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

Presiden menambahkan tahap pertama proyek terbagi menjadi dua fase. Tahap pertama fase I menelan dana investasi sebanyak Rp14 triliun dan pada fase II mencapai Rp9,5 triliun, sehingga total Rp23,5 triliun.

Tahap pertama fase I, lanjutnya, akan digunakan untuk terminal peti kemas seluas 35 hektare dengan kapasitas 250.000 TEUs dan 25 hektare untuk terminal kendaraan utuh (completely build up/CBU) dengan kapasitas 218.000 unit. 

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Dia menuturkan secara keseluruhan, pembangunan tahap I fase 2 dijadwalkan rampung pada akhir 2020. Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5,5 juta TEUs.

Pada tahap ketiga akan meningkat hingga 7,5 juta TEUs. Adapun, keseluruhan pembangunan Pelabuhan Patimban ditargetkan selesai seluruhnya pada 2022.

Pelabuhan ini berada di pesisir pantai utara Jawa Barat. Secara keseluruhan, pelabuhan Patimban memiliki luas 654 hektare.

"Jadi ini secara keseluruhan ada 654 hektare, yang 300 hektare itu untuk peti kemas dan terminal kendaraan. Memang ini nanti akan banyak yang untuk terminal kendaraan untuk ekspor mobil-mobil dari industri otomotif kita," kata Jokowi

Jokowi menyebut pembangunan akses jalan sudah berjalan sesuai jadwal dan tidak ada masalah. Tinggal jalan tol Cipali menuju ke Patimban untuk menghasilkan efisiensi.

"Ini semuanya dalam rangka memperbaiki daya saing kita, sehingga competitiveness jadi naik. Artinya ada pelabuhan khusus untuk mobil, karena kita ingin [Patimban] ini jadi sebuah hub besar untuk ekspor otomotif ke Australia, New Zealand, maupun Asean," tandasnya. (rnl)

Artikel Terkait
Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Artikel Terkini
Tak Terdaftar di OJK, Perusahaan Investasi asal Hongkong Himpun Dana Masyarakat
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas