INDONEWS.ID

  • Rabu, 18/12/2019 12:30 WIB
  • Presiden Joko Widodo Resmikan TPA Sampah Manggar Kota Balikpapan

  • Oleh :
    • Marsi Edon
Presiden Joko Widodo  Resmikan TPA Sampah Manggar Kota Balikpapan
Presiden Joko Widodo meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Manggar Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.(Foto:Istimewa)

Balikpapan, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Manggar Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Presiden didampingi Mendagri Tito Karnavian, Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Muhammad Hudori, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, serta Walikota Balikpapan Rizal Effendi.Balikpapan, Rabu (18/12/2019).

TPA Sampah Manggar Kota Balikpapan merupakan konstruksi Tahun 2017-2018 dengan biaya investasi konstruksi senilai Rp.160 Miliyar dengan kapasitas pemrosesan akhir 420 ton/hari.Diperkirakan jumlah penerimaan manfaat 636.012 jiwa atau 100% penduduk Kota Balikpapan. Pembangunan TPA tersebut bertujuan untuk Teknologi pengurangan sampah menuju Santary Landfill.

Baca juga : Naikan Status, Jokowi Ingin RS Darurat Pulau Galang Rawat Pasien Corona Gejala Sedang

Dalam sambutannya, Presiden memuji pembangunan TPA yang dinilainya tidak berbau dan dikelilingi lingkungan yang hijau. Pembangunan TPA ini pun tidak menghabiskan anggaran yang cukup besar, hanya Rp 160 miliar.

"Hijau tidak bau, bersih dan pembangunan yang dilakukan juga saya melihat tidak memakan biaya yang begitu banyak. Ini Rp 160 miliar," kata Jokowi saat meresmikan TPA Sampah Manggar.

Baca juga : Jokowi Terima Kunjungan Wantimpres Bahas Percepatan Penanganan dan Dampak Covid-19

Presiden menambahkan, proses pembangunan TPA dimasukkan ke prioritas pembangunan dalam 10 (Sepuluh) kota. Termasuk dengan pengolahan sampah menjadi listrik.

"Kita memberikan prioritas pada 10 (sepuluh) kota dan rata-rata semuanya menjadikan sampah menjadi listrik, tapi sampai sekarang belum selesai. Saya belum bisa bercerita banyak 10 dulu contoh," ujarnya.

Baca juga : Tidak Mudik Cara Bijak Lindungi Keluarga dari Keterpaparan COVID-19

TPA Manggar tersebut merupakan TPA sampah yang modern karena dilengkapi dengan teknologi sanitary landfill.Teknologi tersebut mampu menghancurkan sampah dengan baik, serta mengubah air lindi yang dihasilkan menjadi gas metana. TPA ini juga memiliki potensi penurunan emisi rumah kaca sebesar 580 kiloton CO2-equivalent.*

 

Artikel Terkait
Naikan Status, Jokowi Ingin RS Darurat Pulau Galang Rawat Pasien Corona Gejala Sedang
Jokowi Terima Kunjungan Wantimpres Bahas Percepatan Penanganan dan Dampak Covid-19
Tidak Mudik Cara Bijak Lindungi Keluarga dari Keterpaparan COVID-19
Artikel Terkini
Pelaku Pembunuhan Yodi Prabowo Tertangkap, Polisi : Hoaks!
Data Pemilih Bermasalah Jelang Pilkada, Ini Arahan Mendagri untuk KPUD Papua
Karyawan Perusahaan Harus Dibekali Pengetahuan tentang Paham Radikal-Terorisme
Penggunaan Masker, Kunci Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Udara di Ruang Tertutup
Tumbuhkan Kecintaan pada Pancasila, Kemendikbud Gelar Kemah Virtual Anak Indonesia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
eowyn