INDONEWS.ID

  • Kamis, 23/01/2020 11:28 WIB
  • Dari Aspek Politik, Ahmad Riza Patria Lebih Berpeluang dari Nurmansjah Lubis

  • Oleh :
    • very
Dari Aspek Politik, Ahmad Riza Patria Lebih Berpeluang dari Nurmansjah Lubis
Ahmad Riza Patria dari Gerindra (kanan) dan Nurmansjah Lubis, politikus PKS (kanan). (Foto: Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID --  Pengisian kursi jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta pasca ditinggalkan Sandiaga Uno hingga kini masih terus diperebutkan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra. Terakhir, kedua partai tersebut telah mengajukan nama Nurmansjah Lubis, politikus PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra.

Kedua partai itu menyerahkan nama cawagub DKI kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Selasa (21/1/2020). Surat diserahkan langsung oleh Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik dan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Muhammad Arifin kepada Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

Baca juga : Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78

Asal tahu saja, kedua nama itu, baik Riza maupun Nurmansyah, bukan nama yang sebelumnya lolos dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Dalam surat yang diserahkan PKS dan Gerindra kepada Anies Baswedan pada 1 Maret 2019 lalu, dua nama yang lulus uji adalah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, yang merupakan kader PKS.

"Dari dulu saya pernah bilang Fit proper test itu sebenarnya usaha sia-sia. Itu keputusan politik semata, tidak ada gunanya. Karena memang saya melihatnya sebenarnya proses politik di internal partai itu sudah cukup baik. Yang diajukan itu pasti sudah melalui proses politik di internal partai," kata Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing kepada media, di Jakarta, Rabu (22/1).

Baca juga : Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum

Kini, PKS dan Gerindra mengajukan nama yang sama sekali baru. Siapakah di antara kedua politisi itu yang paling berpeluang menggantikan Sandiaga Uno?

"Dari segi kapabilitas, dua sosok ini sangat pantas diajukan. Tapi aspek politik, saya melihat, bahwa peluang untuk menjadi wakil gubernur di sidang DPRD justru terbuka lebar untuk calon dari Gerindra," kata Emrus.

Baca juga : Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Hal itu, menurut Emrus, karena Gerindra kini telah menjadi bagian dari koalisi pemerintahan Joko Widodo saat ini. Seperti diketahui, koalisi pemerintahan saat ini diisi oleh PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, Hanura, PPP, dan PSI. Sedangkan partai non pemerintah yakni PKS, PAN dan Partai Demokrat.

"Nah jumlah kursi pendukung Riza Patria di DPRD akan semakin banyak, yaitu yang mengusung Ahok kala Pilkada 2017 dan ditambah lagi kursi Gerindra," kata Emrus.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengamat Indo Barometer, M. Qodari. Dalam sebuah acara dia mengungkapkan bahwa pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sangat strategis sebagai batu loncatan untuk pemilihan Presiden berikutnya.

Dia mencontohkan sosok Sandiaga Uno yang menjadi Calon Wakil Presiden pada pemilu 2019 lalu. “Semua partai politik akan menjadikan pemilihan Wakil Gubernur DKI ini sangat strategis. Karena itu, semua keputusan akan ditarik ke tingkat pusat,” ujar Qodari.

Karena itu, mau tidak mau, koalisi partai di tingkat nasional pasti akan mengamankan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. “Berdasarkan hitung-hitungan kursi di tingkat nasional, maka Ahmad Riza Patia akan memenangkan pertarungan tersebut,” pungkasnya. (Very)

 

Artikel Terkait
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas