INDONEWS.ID

  • Minggu, 16/02/2020 17:30 WIB
  • Bina dan Rawat Iman Prajurit, Uskup Bogor Lantik Pastor Pelayan TNI-Polri

  • Oleh :
    • very
Bina dan Rawat Iman Prajurit, Uskup Bogor Lantik Pastor Pelayan TNI-Polri
Pastor bantuan TNI Polri (pasbanmilpol). (Foto: Keuskupanbogor.ogr)

Sentul, INDONEWS.ID -- Perhatian khusus dan serius gereja dalam pelayanan pastoral di lingkungan TNI Polri salah satunya ditampilkan melalui pengangkatan beberapa pastor bantuan TNI Polri (pasbanmilpol). Para pastor tersebut bertugas membina dan merawat jiwa prajurit.

Mgr Paskalis pada 23 Januari 2020 telah mengangkat tiga imam Keuskupan Bogor untuk penugasan sebagai pasbanmilpol dengan memberikan SK tugas masing-masing kepada RD Dionysius Aditedjo Saputro dan RD David Lerebulan ( St Thomas – Mako Brimob Kelapadua) dan RD Antonius Dwi Haryanto (St. Ignatius Loyola – Atang Sanjaya, Semplak).

Baca juga : Dirjen Bimas Katolik: Paroki Faustina Kowlaska Harus Jadi Komunitas Beriman yang Saling Meneguhkan

Seperti dikutip dari keuskupanbogor.org pengangkatan Pasbanmilpol ini dikukuhkan oleh Mgr Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI Polri – Ordinariatus Castrensis Indonesia, melalui pemberian Surat Pengangkatan yang dikeluarkan pada 7 Februari 2020.

Pastor Letkol Yos Bintoro, Vikjen Keuskupan TNI Polri, pada 14 Februari yang lalu berkenan untuk melantik dan mengukuhkan para imam di Gereja Kristus Raja PMPP TNI, Sentul bersamaan dengan dirayakannya Misa Hari Valentine yang digagas oleh RD Wahyu (Pastor Paroki PKKC) sekaligus pula mengenang 40 hari meninggalkan RD Agustinus Suyatno.

Baca juga : Uskup Bogor: Tugas Penggembalaan Harus Dilaksanakan dengan Sukacita

Pastor Yos dalam homilinya menjelaskan peran kehadiran pastoral bagi umat di lingkungan TNI Polri dengan menjaga sinergitas, komunikasi dan koordinasi yang baik dengan gereja teritori baik keuskupan maupun gereja setempat.

“OCI mendukung gereja teritorial untuk menjadi rekan dalam pembinaan rohani prajurit. Tidak bisa berdiri sendiri. Pelayanannya harus seiring dan seirama,” jelas pastor yang sekaligus anggota aktif TNI ini.

Dua gereja di Keuskupan Bogor yaitu Paroki Ignatius Loyola – Semplak (AU) dan Paroki St. Thomas Mako Brimob Kelapadua merupakan gereja dengan warna yang khas - berada berintegrasi dengan satuan. “Maka para imam di paroki tersebut memiliki tugas dan kewajiban untuk turut membina kerohanian para anggotanya,” jelas Romo Haruna, Vikjen Keuskupan Bogor, yang juga hadir dalam misa ini.

Keuskupan TNI Polri (OCI) juga menugaskan dan mengangkat salah satu pasbanmilpol Keuskupan Bogor, RD David, untuk turut serta dalam pelayanan lebih luas untuk seluruh Indonesia dan menjadi Tim Kebendaharaan dalam Tim Pelayan Pastoral TNI Polri yang dibentuk oleh Pastor Yos.

Para pastor tersebut bertugas dalam membangun, membina dan merawat iman para prajurit. Selamat bertugas para pastor dari Keuskupan Bogor yang telah diangkat dan dikukuhkan sebagai pelayan rohani bagi umat di lingkungan TNI Polri. (Very)

 

Artikel Terkait
Dirjen Bimas Katolik: Paroki Faustina Kowlaska Harus Jadi Komunitas Beriman yang Saling Meneguhkan
Uskup Bogor: Tugas Penggembalaan Harus Dilaksanakan dengan Sukacita
Artikel Terkini
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian
Mendagri Minta Pj. Kepala Daerah Segera Penuhi Anggaran Pilkada 2024
Pj Bupati Maybrat Gelar Pertemuan dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kemen LHK
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas