INDONEWS.ID

  • Sabtu, 29/02/2020 11:01 WIB
  • Takut Tertular COVID-19, Trump Batal Bertemu Kepala Negara ASEAN yang Berlagak Sehat

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Takut Tertular COVID-19, Trump Batal Bertemu Kepala Negara ASEAN yang Berlagak Sehat
PM Rusia, Dmitry Medvedev dan Presiden AS Donald Trump tampak bingung saat bersalaman ala ASEAN dengan sejumlah kepala negara dalam pembukaan KTT ASEAN di Manila, Filipina, 13 November 2017. AFP Photo

Jakarta, INDONEWS.ID - Amerika Serikat menunda pertemuan tingkat tinggi dengan pemimpin ASEAN pada 14 Maret mendatang karena khawatir terjangkit virus Corona.

Presiden AS Donald Trump telah mengundang para pemimpin dari 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk bertemu di Las Vegas setelah ia tidak menghadiri KTT ASEAB di Bangkok pada bulan November.

Baca juga : Robert Trump, Adik Presiden AS Donald Trump Meninggal Dunia

"Ketika masyarakat internasional bekerja sama untuk mengalahkan virus Corona, Amerika Serikat, dalam konsultasi dengan mitra ASEAN, telah membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN," kata salah satu sumber, seorang pejabat senior pemerintahan, seperti dilaporkan Reuters, 29 Februari 2020.

Pejabat itu menambahkan bahwa Amerika Serikat menghargai hubungannya dengan negara-negara anggota ASEAN dan menanti pertemuan mendatang.

Baca juga : Telepon Trump, Jokowi Minta Dukungan Amerika Hadapi Corona di Indonesia

Departemen Luar Negeri AS tidak segera menanggapi permintaan komentar. Kendati keputusan itu muncul di tengah kekhawatiran yang berkembang bahwa virus itu akan menyebar di Amerika Serikat ketika negara-negara melaporkan infeksi baru, perusahaan mengumumkan pembatasan pada perjalanan karyawan, dan pasar saham global terus anjlok.

Jumlah kasus virus Corona yang dikonfirmasi di Amerika Serikat masih relatif kecil yaitu sekitar 60 kasus, kebanyakan dari mereka adalah penumpang Amerika yang dipulangkan dari kapal pesiar Diamond Princess yang merapat di Jepang.

Baca juga : AS Catat Kematian Pertama Akibat Virus Corona, Trump Imbau Warganya Tetap Tenang

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Senin bahwa persiapan untuk pertemuan akan berlangsung meskipun terjadi wabah virus Corona.

Jepang Nikkei Asian Review awal bulan ini mengutip sumber-sumber diplomatik yang mengatakan bahwa para pemimpin dari Vietnam, Laos, Singapura, Kamboja dan Thailand berencana untuk menghadiri KTT Las Vegas.

Wabah virus Corona atau COVID-19 dimulai di Cina akhir tahun lalu. Angka Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru mengindikasikan lebih dari 82.000 orang telah terinfeksi virus Corona, dengan lebih dari 2.700 kematian di Cina dan 57 kematian di 46 negara lain.*(Rikardo). 

 

Artikel Terkait
Robert Trump, Adik Presiden AS Donald Trump Meninggal Dunia
Telepon Trump, Jokowi Minta Dukungan Amerika Hadapi Corona di Indonesia
AS Catat Kematian Pertama Akibat Virus Corona, Trump Imbau Warganya Tetap Tenang
Artikel Terkini
Gembel Unjuk Rasa Tolak PSBB
Sri Mulyani: RI Resesi pada Akhir September 2020
Ekonomi Melambat Akibat Covid-19, LaNyalla Minta Kepala Daerah Beri Kemudahan Usaha
Sektor Perdagangan Tersungkur Selama Covid-19, DPD Minta Pemerintah Beri Perlindungan
Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto Ucapkan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-65
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir