INDONEWS.ID

  • Sabtu, 14/03/2020 21:24 WIB
  • Bupati Bogor Instruksikan Perangkat Daerah Siaga Cegah Penyebaran Virus Corona

  • Oleh :
    • Mancik
Bupati Bogor Instruksikan Perangkat Daerah Siaga Cegah Penyebaran Virus Corona
Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin.(Foto:Kompas.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Bupati Bogor Ade Yasin mengeluarkan instruksi tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi corona virus. Instruksi ditandatangani langsung oleh Bupati dan ditunjukkan kepada seluruh Orginsasi Perangkat Daerah, Petugas kesehatan, Lurah dan Kepala Desa dan seluruh pemangku kepentingan se-Kabupaten Bogor.

Dalam instruksi ini, Bupati Yasin meminta perangkat pemerintah daerah mendukung gerakan mencegah penyebaran virus corona di wilayah kabupaten Bogor. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan kegiatan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat dan anggota komunitas masing-masing.

Baca juga : Puluhan Siswa SMAN Titian Teras Positif Covid-19, Komisi IV Angkat Bicara

"Mendukung dan melaksanakan kegiatan sosialisasi,meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta melakukan pengedalian resiko penularan infeksi corona virus di wilayah Kabupaten Bogor," demikian instruksi bupati yang diterima Indonews, Jakarta, Sabtu,(14/03/2020)

Selain itu, Bupati Yasin juga mendorong masyarakat untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat menjadi salah cara mencegah penyebaran virus mematikan seperti corona.

Baca juga : Covid-19 Melandai, Kota Bogor Turun ke Level 1

"Mengajak masyarakat untuk menjadikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat/ Gerakan masyarakat sehat untuk mencegah penyebaran penyakit menular," bunyi instruksi tersebut.

Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk sementara tidak berpergian ke luar daerah. Langkah ini juga diambil sebagai antisipasi dalam pencegahan virus corona.

Baca juga : BNPB Dukung Peningkatan Kapasitas 1.000 Relawan Covid-19 Wilayah Malang

Dalam mendukung upaya kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta melakukan pengedalian resiko di atas, Pemda mendorong beberapa langkah untuk merealisasikan program tersebut. Beberapa point diantaranya yakni:

1. Dinas kesehatan, Puskesmas,camat, dan Kepala Desa/Lurah agar lebih gencar melakukan sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui semua kanal media kepada masyarakat terkait tentang cara penularan dan pencegahan virus corona.

2. Puskesmas agar meningkatkan pemantauan di wilayah kerjanya untuk melakukan deteksi dini virus corona dan terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk setiap kemungkinan kasus corona.

Selain itu, Bupati Yasin juga mendorong masyarakat untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat menjadi salah cara mencegah penyebaran virus mematikan seperti corona.

"Mengajak masyarakat untuk menjadikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat/ Gerakan masyarakat sehat untuk mencegah penyebaran penyakit menular," bunyi instruksi tersebut.

Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk sementara tidak berpergian ke luar daerah. Langkah ini juga diambil sebagai antisipasi dalam pencegahan virus corona.*

 

 

 

 

Artikel Terkait
Puluhan Siswa SMAN Titian Teras Positif Covid-19, Komisi IV Angkat Bicara
Covid-19 Melandai, Kota Bogor Turun ke Level 1
BNPB Dukung Peningkatan Kapasitas 1.000 Relawan Covid-19 Wilayah Malang
Artikel Terkini
Depresi pada PPDS Indonesia dan Negara Lain, Bagaimana Cara Menanganinya?
BMKG : Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan
Fundamental Ekonomi Indonesia Cukup Kuat Meredam Dampak Potensi Eskalasi Konflik di Kawasan Timur Tengah Pasca Serangan Iran
Arus Balik Lebaran, 7.663 Pemudik Antarnegara Tercatat Melintas di PLBN Entikong
Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas