INDONEWS.ID

• Oleh :
    • Rikard Djegadut
Penelitian Klaim Jenis Obat Ini Efektif Sembuhkan Virus Corona
ilustrasi

Jakarta, INDONEWS.ID - Penelitian multidisiplin yang dilakukan oleh tim ilmuwan di Amerika Serikat dan Prancis menyebutkan beberapa jenis senyawa obat yang berbeda, mulai dari terapi kanker hingga antipsikotik dan antihistamin efektif mencegah virus corona menggandakan diri di dalam tubuh.

Para peneliti memetakan protein manusia yang berinteraksi dengan virus di dalam tubuh ketika menginfeksi sel dan membuat salinannya sendiri, kemudian mencari senyawa yang dapat memblokir virus dari penggunaan protein tersebut.

Baca juga : Harap Waspada! Kasus Covid-19 Bertambah 4.071 Hari Ini

Dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat (1/5), hasil penelitian menunjukkan 47 senyawa dalam kultur sel memiliki efek yang diinginkan, setidaknya 10 di antaranya sudah dalam berbentuk obat yang disetujui atau sedang dipelajari untuk berbagai kondisi, tetapi dapat digunakan kembali terhadap COVID-19.

Para peneliti telah bergegas untuk mengembangkan terapi eksperimental serta untuk menggunakan kembali obat yang sudah ada untuk mengobati pasien dengan COVID-19 dan masyarakat menaruh harapan tinggi pada obat antivirus eksperimental Gilead Sciences, remdesivir.

Baca juga : Corona Kembali Melonjak, Satgas Covid-19 Beberkan Penyebabnya

Dalam studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada Kamis 30 April, kandidat untuk repurposing termasuk bahan obat alergi termasuk clemastine, haloperidol antipsikotik, dan obat malaria hydroxychloroquine.

Studi ini juga mengungkapkan mengapa hydroxychloroquine sering ditemukan memiliki efek toksik pada jantung.