INDONEWS.ID

  • Minggu, 10/05/2020 11:30 WIB
  • YIH Gerakkan Ramadhan Berkarakter untuk Para Yatim dan Kaum Dhuafa

  • Oleh :
    • luska
YIH Gerakkan Ramadhan Berkarakter untuk Para Yatim dan Kaum Dhuafa

JAKARTA, INDONEWS.ID - Ditengah kedukaan yang dirasakan negeri ini, Yayasan Indonesia Hijau (YIH) tetap menggerakkan program tahunan di bulan Ramadan, yakni Ramadan Berkarakter. Tahun ini ada dua kegiatan utama yang dijalankan, diantaranya `Ketupat Dhuafa` (Paket Untuk Para Yatim dan Dhuafa) dan `Opor Ayam` (Operasional Lebaran untuk Anak Yatim dan Masyarakat Pra Sejahtera). Mengingat kondisi pandemi yang belum juga berakhir, seluruh kegiatan dilaksanakan secara _door to door_ atau personal oleh teman-teman _volunteer_.

Kegiatan pertama yang bertajuk `Sebar 1441 Ketupat Dhuafa` berjalan setiap pekan tepatnya di hari Jumat. Paket berisi sembako, makanan sehat dan takjil, masker, dan _hand sanitizer_. _Roadshow_ pertama berlangsung di daerah Ragunan-Jakarta pada 24 April 2020 dengan target penerima manfaat adalah yatim, dhuafa, dan pejuang nafkah harian. Kemudian pada 1 Mei 2020, bertepatan dengan Hari Buruh dan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei, YIH membagikan Ketupat Dhuafa untuk para guru hebat dan buruh harian yang bertempat tinggal di Pondok Petir-Depok. Selanjutnya pada 8 Mei 2020 _volunteer_ YIH kembali menebar manfaat dan kebaikan dari para sahabat donatur untuk lansia sehat di Panti Werdha Yys. Usaha Mulia Jaya dan saudara lansia di kawasan Bojongsari-Depok. Pada kesempatan tersebut, selain sembako dan makanan sehat, YIH juga membagikan popok dewasa, buah-buahan, dan makanan bernutrisi. Ketupat Dhuafa berikutnya akan dilaksanakan di pemukiman pemulung daerah Kebagusan-Jakarta pada 15 Mei 2020 mendatang. Penerima manfaat antara lain anak yatim, dhuafa, janda, dan pekerja harian berpenghasilan minim.

Baca juga : Resmi Kenakan Rompi Orange, Rizieq Syihab Bakal Ajukan Praperadilan

Adapun untuk kegiatan Opor Ayam akan dilaksanakan pada 22 Mei 2020. Pada kegiatan ini target penerimanya ialah adik-adik dan masyarakat pra sejahtera binaan Yayasan Indonesia Hijau yang berlokasi di Jatipadang, Ragunan, dan Kebagusan-Jakarta. Jumlah penerima sebanyak 150 orang. Paket Opor Ayam berisi santunan, perlengkapan ibadah (mukena, sarung, dan peci), dan hidangan Lebaran (ketupat dan opor ayam). Diharapkan paket ini dapat membawa kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang harus merasakan Ramadan dan Idul Fitri ditengah kondisi pandemi dan tidak bisa merayakan hari raya di kampung halaman.

Selain dua kegiatan utama diatas, Yayasan Indonesia Hijau turut menerima dan menyalurkan amanah zakat dan fidyah untuk disalurkan kepada fakir miskin dan dhuafa yang berhak. Dengan bertemakan Zakat Membersihkan Zakat Memberdayakan, diharapkan program ini mampu menjembatani _Givers_ (sebutan khusus untuk para donatur YIH) untuk `membersihkan` harta yang dimiliki agar menjadi berkah bagi sesama. Pun bagi penerimanya, bisa menjadi berdaya dengan bantuan yang diberikan.

Baca juga : Rizieq Klaim Dicekal BIN, Dubes RI: Saya Tidak Pernah Ngirim Staf Temui MRS

Ramadan Sehat, Ramadan Tebar Manfaat.
Begitu slogan Ramadan Berkarakter tahun ini. Yayasan Indonesia Hijau ingin mengajak seluruh orang-orang baik untuk bisa ikut berbagi dari rumah, kepada sesama yang membutuhkan.

Amanah donasi (zakat, infak, sedekah) dapat disalurkan melalui:
Rekening Mandiri 157.000.424.2880 A.N Yayasan Indonesia Hijau

Baca juga : Blak Blakan Soal Rizieq, Dubes RI: Kalo Mau Pulang Lakukan Tiga Hal Ini

Info lebih lanjut mengenai YIH:
Website: www.yayasanindonesiahijau.org
Instagram: @yayasanindonesiahijau
Facebook: Yayasan Indonesia Hijau
YouTube: Yayasan Indonesia Hijau
CP: 0812.8308.0005.

(Lka)

Artikel Terkait
Resmi Kenakan Rompi Orange, Rizieq Syihab Bakal Ajukan Praperadilan
Rizieq Klaim Dicekal BIN, Dubes RI: Saya Tidak Pernah Ngirim Staf Temui MRS
Blak Blakan Soal Rizieq, Dubes RI: Kalo Mau Pulang Lakukan Tiga Hal Ini
Artikel Terkini
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Di Acara Mengenang Tokoh Pers Nasional Prof Salim Haji Said, Pemred Asri Hadi Bertemu Bacalon Walkot Tangsel
Raih Gelar Doktor Honoris Causa Gyeongsang National University (GNU), Menko Airlangga Diakui Dedikasinya dalam Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Terkait Konflik Gaza, Hikmahanto: Tiga Alasan Masih Sulit Dilakukan
"Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas