INDONEWS.ID

  • Senin, 01/06/2020 07:59 WIB
  • Repatriasi Mandiri WNI Tahap II dari Yordania

  • Oleh :
    • luska
Repatriasi Mandiri WNI Tahap II dari Yordania
Repatriasi Mandiri WNI Tahap II dari Yordania. (Ist)

Amman, INDONEWS.ID - KBRI Amman kembali memfasilitasi repatriasi mandiri WNI yang terdampak pandemi Covid-19 di Yordania. Pada Minggu (31/5) sejumlah 74 WNI yang terdiri dari siswi pesantren Nurul Fikri, anggota Jamah Tabligh dan mahasiswa yang sudah selesai kuliah, telah meninggalkan Bandara Internasional Queen Alia, Amman.

Dengan menggunakan pesawat Qatar Airway QR-7472 (AMM-DOH). Setelah transit di Doha, rombongan repatriasi WNI ini dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada Senin (1/6) menggunakan flight QR-956.

Baca juga : Kunjungan Kehormatan Duta Besar RI Amman kepada Menteri Industri, Perdagangan, dan Suplai Yordania

Sebagaimana tahap pertama pada April 2020, repatriasi kali ini dapat dilakukan berkat kerjasama dengan maskapai Qatar Airways yang membuka dan menyediakan penerbangan khusus rute Amman-Doha-Jakarta. Sejak awal kebijakan lockdown yang sudah berlangsung lebih dari 10 minggu, KBRI Amman terus menjalin kontak dengan sejumlah maskapai penerbangan asing yang akan menyediakan fasilitas penerbangan khusus bagi repatriasi atau evakuasi warga asing di Yordania.

Ketika menerima informasi dari pihak Qatar Airways, KBRI Amman segera menyebarkannya kepada WNI yang membutuhkan melalui sarana media sosial maupun menghubungi langsung. Sesuai hakikat dari repatriasi mandiri, biaya yang dikeluarkan adalah menjadi tanggung jawab sepenuhnya para WNI.

Baca juga : Kunjungan Kehormatan Duta Besar RI Amman kepada Menteri Perburuhan Yordania

KBRI Amman berfungsi memfasilitasi komunikasi dengan pihak maskapai penerbangan, memberitahukan kepada Kementerian Luar Negeri dan Otoritas Imigrasi Yordania tentang rencana repatriasi, serta membuka akses pergerakan dari domisili para WNI menuju Bandara.

Selain itu, KBRI Amman juga menyampaikan prosedur repatriasi sesuai protokol kesehatan yang diperlukan seperti melakukan tes PCR, memberikan surat jalan kepada dan koordinasi dengan aparat pemerintah pusat pada saat ketibaan di Jakarta.

Baca juga : Kunjungan Kehormatan Duta Besar RI Amman kepada Menlu Yordania

Dubes RI Amman, Andy Rachmianto, juga turut hadir melepas keberangkatan rombongan repatriasi ini di Bandara Internasional Queen Alia. “Sebagai bentuk kehadiran negara, sejak awal KBRI Amman sepenuhnya memfasilitasi sebatas kewenangannya untuk memastikan agar proses repatriasi berjalan lancar dan rombongan dapat tiba di tanah air dengan selamat,” tegas Dubes Andy.

Mengingat kebijakan lockdown belum dapat dipastikan kapan akan dicabut dan perbatasan internasional juga masih ditutup, KBRI Amman tetap bersiaga mengantisipasi kemungkinan akan ada rencana repatriasi berikutnya.

“Semoga krisis akibat pandemi akibat Covid-19 bisa segera berakhir sehingga masyarakat dapat kembali menjalani kehidupan di tengah “kenormalan baru”, harap Dubes Andy.(Lka)

Artikel Terkait
Kunjungan Kehormatan Duta Besar RI Amman kepada Menteri Industri, Perdagangan, dan Suplai Yordania
Kunjungan Kehormatan Duta Besar RI Amman kepada Menteri Perburuhan Yordania
Kunjungan Kehormatan Duta Besar RI Amman kepada Menlu Yordania
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas