INDONEWS.ID

  • Selasa, 02/06/2020 17:01 WIB
  • Peringati Hari Pancasila, KBRI Moskow Dialog Virtual dengan Mahasiswa

  • Oleh :
    • luska
Peringati Hari Pancasila, KBRI Moskow Dialog Virtual dengan Mahasiswa

Moskow, INDONEWS.ID - Hari lahir Pancasila tidak hanya diperingati di Indonesia, tetapi juga di Rusia. Peringatan dilakukan oleh KBRI Moskow dengan menggelar dialog virtual bersama mahasiswa Indonesia di Rusia pada Senin (1/6). Hari Pancasila bertemakan Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju. 

Dialog virtual diikuti oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia merangkap Belarus, M. Wahid Supriyadi, Wakil Duta Besar Azis Nurwahyudi, beserta jajaran KBRI Moskow lainnya. 

Baca juga : Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow

Sementara itu, mahasiswa yang ikut serta berasal dari 21 kota di Rusia, antara lain Moskow, St. Petersburg, Kazan, Pskov, Belgorod, Volgograd, Rostov on Don, Ufa, Novosibirsk, Tomsk, dan Vladivostok.

Dubes Wahid Supriyadi menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, meskipun tinggal di luar negeri. Founding fathers bangsa Indonesia telah berupaya merumuskan konsep-konsep ideologi bangsa dengan mengakomodir nilai-nilai luhur budaya, cara hidup dan filosofi bangsa di tengah tata kehidupan dunia. 

Baca juga : Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia

“Dunia mengalami perkembangan. Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia juga semakin majemuk dan Pancasila menjadi pemersatu kemajemukan tersebut. Pasca pandemi Covid-19 kita akan menyaksikan tata kehidupan dunia yang juga berubah dan kita harus siap menghadapinya”, kata Dubes Wahid.

Dubes Wahid mengimbau kepada para mahasiswa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama WNI di Rusia, bekerja sama dan bergotong royong.  

Baca juga : Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow

Di tengah pandemi virus Corona, Dubes Wahid berpesan kepada para mahasiswa untuk senantiasa menjaga kesehatan, mengikuti peraturan dan menjalin komunikasi erat dengan KBRI Moskow. Seluruh dunia mengalamai kesulitan yang sama dan Dubes Wahid yakin di tengah kesulitan pasti ada kesempatan.

Dubes Wahid juga memberikan apresiasi yang besar kepada Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) yang telah membentuk Satgas Covid-19 yang melakukan koordinasi langsung dengan satgas yang sama yang dibentuk KBRI Moskow. Hal ini merupakan bentuk gotong royong dan mempermudah komunikasi sehingga KBRI Moskow dapat memberikan bantuan dan layanan kepada masyarakat Indonesia di Rusia yang membutuhkan.

Dialog virtual juga dilakukan dalam rangka silaturahmi Idul Fitri 1441 H. Perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini acara temu masyarakat Indonesia tidak dapat diselenggarakan di KBRI Moskow karena pandemi virus Corona. 

Dalam pertemuan berlangsung sesi tanya jawab dengan perwakilan mahasiswa. Meskipun secara virtual, pertemuan yang berlangsung lebih dari 2 jam sangat interaktif dan menjadi media dalam menjalin silaturahmi.(Lka)

 

Artikel Terkait
Musik Gamelan Menggema di Eurasian Music Festival 2023 di Taman Kota Moskow
Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia Meriahkan Ulang Tahun Kota Vologda Rusia
Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas