Nasional

Seni Budaya Jawa Tampil di Tchaikovsky Comservatory, Moskow

Oleh : luska - Rabu, 21/06/2023 19:18 WIB

Moskow, INDONEWS.ID - Melalui konser selama 2 jam, sebanyak 150 penonton warga Rusia larut menikmati kolaborasi alunan seni budaya Jawa berupa tabuhan rebana, gamelan, rebab, dan tari dalam pagelaran bertajuk “Maya lyubov -- palyashiy poldyen yavi” (Cintaku -- Siang Terik di Jawa) di aula Rakhmaninov, Tchaikovsky Conservatory, Moskow, pada Sabtu (17/6).

Tabuhan rebana dibawakan grup marawis El Santri yang berangotakan 8 mahasiswa alumnus pesantren yang kini studi di Rusia, dengan lagu-lagu Sluku-sluku Bathok, Ilir-ilir, Dicokot Boyo, Joko Tingkir, serta lagu Gundul-Gundul Pacul oleh John Silver, mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studi Hubungan Internasional.

“Pertunjukan marawis cukup dinikmati penonton Rusia berkat iramanya yang ceria dan alat musiknya yang unik,” ujar Amy Maulana, pimpinan el-Santri.

Usai rebana, dilanjutkan suguhan gamelan oleh sanggar Dadali binaan KBRI Moksow pimpinan Tri Koyo yang beranggotakan 10 penggamel warga Rusia. Beberapa orkestrasi tradisional Jawa yang ditampilkan adalah Macapat, Mijil Melati Rinonce, Roning Tawang, Wilujeng, Karonsih, Ladrang Wesminster, dan Emplek-emplek.

Sebagai nomor penutup, ditampilkan tari Cakilan yang dibawakan Elizabeth Nur Nilasari dan tari Golek Kenya Tinembe oleh Natalya Moryleva dari sanggar Kirana Nusantara Dance binaan KBRI Moskow diiringi gamelan.Tari Cakilan bahkan mendapat aplus meriah penonton berkat lenggak-lenggok penari yang lucu menggemaskan.

“Penonton sangat menikmati pertunjukan budaya Jawa malam ini yang merupakan bagian dari budaya Indonesia. Kepada KBRI Moskow dan para pengisi acara kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang baik selama ini,” ujar Margarita Karatygina, kepala Hubungan Internasional Tchaikovski Konservatori.

Tchaikovsky Moscow State Conservatory adalah sekolah musik ternama di Rusia bahkan dunia. Setiap tahunnya lembaga ini menyelenggarakan Festival Musik Internasional “The Universe of Sound” dan pada Festival ke-21 ini diikuti juga oleh seniman dari Bolivia, Filipina, India, Iran, Meksiko, Mongolia, Turki, dan daerah-daerah Rusia. (Lka)

TAGS : Kbri moskow

Artikel Terkait