INDONEWS.ID

  • Jum'at, 19/06/2020 20:01 WIB
  • Dubes Andy Dilantik Jadi Direktur Jenderal Protokol & Konsuler Kemlu dan KPN

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Dubes Andy Dilantik Jadi Direktur Jenderal Protokol & Konsuler Kemlu dan KPN
Moment pelantikan Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sebagai Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler (Protkons) bertempat di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, pada Jum’at (19/6).

Amman, INDONEWS.ID - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melantik Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, sebagai Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler (Protkons) sekaligus sebagai Kepala Protokol Negara (KPN) bertempat di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, pada Jum’at (19/6).

Pelantikan juga dilakukan terhadap pejabat Eselon I dan II lainnya di lingkungan Kementerian Luar Negeri berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga : Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel

Dubes Andy yang saat ini masih bertugas di Amman akan bertanggung jawab dalam bidang tugas keprotokolan, kekonsuleran, pelindungan WNI dan fasilitas diplomatik. 

Sesuai Peraturan Pemerintah No.39 Tahun 2018, selain sebagai Dirjen Protkons, secara ex officio, Dubes Andy juga menjabat sebagai Kepala Protokol Negara (KPN).

Baca juga : Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat

Dalam kapasitas selaku KPN, Dubes Andy akan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan keprotokolan acara kenegaraan dan acara resmi, termasuk mengatur kunjungan kenegaraan/kunjungan kerja Presiden dan Wakil Presiden ke luar negeri serta pengaturan keprotokolan bagi kunjungan tamu negara ke Indonesia.

Sebelumnya Dubes Andy pernah menjabat sebagai Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri. Beliau juga pernah bertugas pada KBRI New Delhi dan PTRI New York, termasuk mengurusi beberapa kali kunjungan Presiden dan Wakil Presiden pada saat penugasan tersebut.

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

“Jabatan baru ini merupakan amanah dan tanggung jawab sebagai pengabdian pada bangsa dan negara,” ungkap Dubes Andy. 

Atas jabatan barunya itu, Dubes Andy mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pimpinan Kementerian Luar Negeri untuk menunaikan tugas baru tersebut.  

Di tengah situasi dunia pasca Covid-19, peran Direktorat Jenderal Protkons sebagai satu-satunya unit pelayanan di Kementerian Luar Negeri menjadi semakin penting dan krusial, khususnya dalam melayani dan melindungi WNI di luar negeri yang terdampak Covid-19.

Dubes Andy juga berjanji akan meneruskan kinerja yang sudah baik yang telah dilakukan pendahulunya dan akan melakukan langkah-langkah perbaikan bagi pencapaian kinerja yang lebih baik.

Di masa pandemik dan kenormalan baru melalui pembatasan sosial dan menjaga jarak, penggunaan platform informasi dan teknologi menjadi sebuah keniscayaan. “Ke depan diperlukan strategi pelayanan protkons 4.0 yang berbasis elektronik dan digital,” tegas Dubes Andy.*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas