INDONEWS.ID

  • Senin, 06/07/2020 06:36 WIB
  • Cegah Virus Corona, Pemerintah Minta Masyarakat Pakai Masker dengan Benar

  • Oleh :
    • Mancik
Cegah Virus Corona, Pemerintah Minta Masyarakat Pakai Masker dengan Benar
Tim Komunikasi Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah terus menghimbau kepada masyarakat protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Salah satunya, pengunaan masker ketika berada di luar rumah.

Menggunakan masker perlu memperhatikan cara yang benar dan tepat sehingga mencegah penularan corona. Pastikan masker menutup area mulut dan hidung untuk mengantisipasi proses penularan virus corona.

Baca juga : Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa

"Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung, dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker," kata Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr. Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Minggu,(5/07/2020)kemarin.

Adanya penekanan dari pemerintah terkait penggunaan masker, tidak terlepas dari kasus positif yang masih tinggi. Selain itu, masyarakat telah ramai bekerja di seperti biasa dan berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

Baca juga : Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan

Selain itu, penggunaan masker selama ini oleh masyarakat,kadang tidak dijalankan sebagai kewajiban yang harus dilakukan saat pandemi masih ada. Karena itu, pemerintah menegaskan kembali agar masyarakat lebih patuh menggunakan masker.

"Jangan sentuh bagian depan masker. Untuk masker satu kali pakai, segera buang di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, masukkan ke dalam kantong kertas atau kantong kain, atau menggunakan kantong plastik. Pisahkan dari barang bawaan yang lain. Sesampai di rumah, segera cuci dengan deterjen," jelas Reisa.

Baca juga : Covid Berubah Status, Peralihan ke Endemi Kuncinya Partisipasi Masyarakat

Ia juga menjelaskan, penggunaan masker akan efektif apabila masyarakat tetap menjaga jarak aman. Karena itu, jaga jarak tetap dijalankan saat berada di luar rumah.

Selain itu, Reisa berharap, masyarakat lebih displin melaksanakan seluruh himbauan pemerintah. Hanya dengan displin, penularan Covid-19 dapat dihentikan.

"Maka, kita segera bisa putus rantai penularan COVID-19. Mari berupaya agar pandemi dapat segera kita lalui. Kita pasti bisa." tutupnya.*

 

Artikel Terkait
Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa
Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan
Covid Berubah Status, Peralihan ke Endemi Kuncinya Partisipasi Masyarakat
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas