INDONEWS.ID

  • Minggu, 26/07/2020 20:10 WIB
  • Sukseskan Adapatasi Kebiasaan Baru, Relawan Pendukung Gelar Edukasi Pedagang di Pasar Jakarta Selatan

  • Oleh :
    • very
Sukseskan Adapatasi Kebiasaan Baru, Relawan Pendukung Gelar Edukasi Pedagang di Pasar Jakarta Selatan
Bidang Relawan Pendukung Tim Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 yang diketuai Yulius Setiarto kembali mengadakan edukasi pedagang pasar pada tanggal 26 Juli 2020. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Bidang Relawan Pendukung Tim Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 yang diketuai Yulius Setiarto kembali mengadakan edukasi pedagang pasar pada tanggal 26 Juli 2020.

Baca juga : Relawan Pendukung Gugus Tugas dan GP Ansor Bagikan Sembako untuk Wilayah Jabodetabek

Kegiatan edukasi pedagang pasar ini dilakukan di beberapa pasar di Jakarta Selatan yaitu Pasar Lenteng Agung dan Pasar Santa. Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan edukasi pedagang pasar yang sebelumnya telah dilakukan di 28 pasar se-Jabodetabek. Selanjutnya kegiatan edukasi pedagang pasar ini juga akan dilakukan secara nasional di 25 kota, dengan total 150 pasar. 

Yulius mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyukseskan adaptasi kebiasaan baru terutama di pasar.

Baca juga : Gandeng PPM dan TNI AD, Relawan Gugus Tugas Edukasi Protokol Kesehatan kepada 1000 Pedagang Pasar

"Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan relawan pendukung yang berdomisili di kota/kabupaten setempat," katanya.

Khusus kegiatan hari ini, edukasi dilaksanakan mulai pada pukul 10.00 hingga selesai. Edukasi dilakukan dengan cara pembagian masker dan face shield pada pedagang dan pengujung pasar. Selain itu relawan juga menghimbau pedagang dan pengunjung agar sering cuci tangan menggunakan sabun dan tidak menyentuh muka setelah melakukan transaksi keuangan. Relawan juga membagikan leaflet tentang Protokol Kesehatan di Pasar dan memasang spanduk guna mengingatkan pengunjung pasar.  

Baca juga : SNP Law Firm dan BenihBaik.com Salurkan Bantuan Melalui Relawan Gugus Tugas

Yulius mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk, pertama, memberikan kesadaran kepada pedagang di pasar tentang adaptasi kebiasaan baru dan menjaga kesehatan dengan cara memakai face shield, masker serta selalu cuci tangan setelah selesai bertransaksi keuangan dengan pembeli.

Kedua, agar pedagang dapat menularkan kebiasaan baru kepada pembeli dengan cara menegur dan memberikan masker ketika melihat pembeli yang tidak memakai masker.  

Ketiga, untuk mendapatkan gambaran situasi pasar, respon pedagang, respon pengelola, respon pembeli dalam masa adaptasi kebiasaan baru.

Dan keempat, agar para relawan dapat memberikan masukan kepada pengelola pasar dari hasil temuan yang di dapat dan temuan yang di dapat menjadi masukan kepada pemerintah untuk membuat kebijakan.

Para pedagang menyambut baik edukasi ini dan berharap ada perubahan di pasar mereka. Mereka juga berharap agar pasar mereka tetap bersih dan sehat.

Pengelola pasar Santa juga menyambut baik edukasi ini. Begitu juga pengelola Pasar Lenteng Agung, berharap edukasi ini terus dilakukan.

"Kami berterima kasih kepada Dirut PD Pasar Jaya, Bapak Arif Nasrudin atas kerja samanya melakukan edukasi di pasar-pasar di bawah manajemen PD pasa Jaya. Kita akan lanjutkan edukasi ke pasar-pasar berikutnya," kata Yulius Setiarto.

Bidang Relawan Pendukung berharap melalui kegiatan ini, masyarakat terutama yang melakukan aktivitas di pasar dapat mengadaptasi kebiasaan baru sehingga menekan angka penularan yang terjadi di pasar. (Very)

Artikel Terkait
Relawan Pendukung Gugus Tugas dan GP Ansor Bagikan Sembako untuk Wilayah Jabodetabek
Gandeng PPM dan TNI AD, Relawan Gugus Tugas Edukasi Protokol Kesehatan kepada 1000 Pedagang Pasar
SNP Law Firm dan BenihBaik.com Salurkan Bantuan Melalui Relawan Gugus Tugas
Artikel Terkini
Saksikan Pekan Gawai Dayak Kalbar, Ratusan Warga Malaysia Serbu PLBN Aruk
Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Berharap Bisa Ciptakan Kepastian Distribusi Air Bersih
Realisasikan Investasi di Indonesia, Menko Airlangga Harapkan Lotte Chemical Dapat Menjadi Stimulus Pembangunan Industri Petrokimia Hilir Lokal
Macet, Menteri AHY Memilih Jalan Kaki ke Acara Pembukaan WWF
Pj Bupati Maybrat Hadiri Festival BENLAK 2024, Peringati Hari Jadi ke-17 Minahasa Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas