INDONEWS.ID

  • Senin, 12/10/2020 16:10 WIB
  • Doni Monardo: Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Mengalami Perbaikan

  • Oleh :
    • Mancik
Doni Monardo: Penanganan Covid-19 di 10 Provinsi Prioritas Mengalami Perbaikan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga menjadi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah melalui Satgas Covid-19 terus menyampaikan laporan perkembangan penanganan pandemi di Indonesia. Terkini, Ketua Satgas Nasional Doni Monardo memberikan terkait dengan kondisi terbaru di 10 provinsi yang menjadi prioritas dari pemerintah.

Menurut Doni, penanganan Covid-19 di 10 provinsi yang telah ditetapkan sebagai daerah prioritas utama oleh pemerintah mengalami trend perbaikan. Kondisi membaik ini tentu sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh pemda bersama satgas yang ada di daerah.

Baca juga : Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa

"Dari 10 provisi semunya mengalami trend perbaikan, angka kematian menurun, trend kesembuhan di 9 provinsi mengalami kenaikan kecuali Papua. Namun pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, telah bekerja untuk membangun rumah sakit Covid yang ada di Biak," kata Doni Monardo dalam Konferensi pers perkembangan penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional dan RUU Cipta Kerja yang dilaksanakan secara virtual oleh BNPB, Jakarta, Senin,(12/10/2020)

Pada kesempatan tersebut, Doni yang juga merupakan Kepala BNPB ini menerangkan, pemerintah bersama dengan Satgas Nasional telah memberikan arahan tentang penanganan isolasi mandiri pasien yang terpapar Covid-19. Hotel disiapkan secara khusus untuk mengantisipasi pasien yang terpapar dibeberapa daerah dengan kasus yang masih tiggi.

Baca juga : Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan

Adapun persiapan hotel tersebut, kata Doni, khusus peruntukan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 dan rumahnya tidak layak dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri. Karena itu, pasien seperti bisa memilih melakukan isolasi mandiri di Hotel.

"Bapak presdien sudah menugaskan Satgas bersama dengan Kemenparekraf bekerja sama dengan sejumlah provinsi untuk menyiapkan fasilitas hotel bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif dan kediamannnya tidak layak untuk isolasi mandiri," jelas Doni.

Baca juga : Covid Berubah Status, Peralihan ke Endemi Kuncinya Partisipasi Masyarakat

Beberapa provinsi yang telah menyiapkan hotel untuk isolasi mandiri antara lain Jakarta, Sulawesi Selatan. Beberapa daerah juga telah didorong untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang terpapar Covid-19.

"Di jakarta sudah ada lima hotel yang terpakai, kemudian juga di Sumatera Utara, kemudian di Aceh, kemudian di Bali, Sulawesi Selatan terutama Makassar sudah dari awal memanfaatkan hotel untuk fasilitas isolasi mandiri bagi masyarakat yang terpapar Covid-19," ungkapnya.

Doni mengingatkan, Covid-19 ini masih menjadi nyata bagi kelangsungan hidup manusia. Karena itu, ia berharap, kepatuhan menjaga protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker tetap dilaksanakan oleh masyarakat.

"Yang perlu kita ketahui, Covid-19 ini bukan ditulari oleh hewan tetapi oleh manusia. Manusia yang jaraknya dengan kitalah yang bisa menulari kita, bukan orang jauh," tutupnya.*

 

 

 

Artikel Terkait
Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa
Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan
Covid Berubah Status, Peralihan ke Endemi Kuncinya Partisipasi Masyarakat
Artikel Terkini
Kemendagri Imbau Pemprov Maluku Gali Potensi Lokal Guna Wujudkan Pembangunan Berbasis Inovasi
Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Sebanyak 828 Warga Dievakuasi
Sejumlah Sumber Pengisian Kebutuhan ASN di IKN, Peluang Besar untuk Putera-Puteri Terbaik Kalimantan
Al-Azhar Seni Bela Diri Kerja Sama Teladan dan Ting Hao Gelar Kejuaraan Silat
Ini Skema Pemindahan ASN ke IKN, Juli 2024 Menteri PUPR Akan Pindah Pertama
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas