INDONEWS.ID

  • Jum'at, 30/10/2020 08:09 WIB
  • Kepala BPN Tanahdatar Nurhamida serahkan 14 Sertifikat kepada PJs Bupati Tanahdatar

  • Oleh :
    • luska
Kepala BPN Tanahdatar Nurhamida serahkan 14 Sertifikat kepada PJs Bupati Tanahdatar

Tanahdatar, INDONEWS.ID ---Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanahdatar Nurhamida serahkan  14 sertifikat bidang tanah aset Pemerintah Kabupaten tanahdataryang telah selesai admnistrasinya.

Sertifikat tersebut diserahkan kepada Pjs Bupati Erman Rahman didampingi Inspektur Altri Suandi, Kepala Dinas  Pekerjaan Umum Nofi Hendri, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal dan Kabid Aset BKD Budi Chandra dan ikut mendampingi Kasi Pengadaan BPN Hella Mayang Shinta dan beberapa staf lainnya,  kepada Pjs Bupati Erman Rahman didampingi Inspektur Altri Suandi, Kepala Dinas  Pekerjaan Umum Nofi Hendri, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal dan Kabid Aset BKD Budi Chandra, 

Baca juga : Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Sebelumnya   Inspektur Tanah Datar Altri Suandi, mengapresiasi pihak BPN yang sangat intens dan memberikan support dengan bentuk menyelesaikan sertifikat milik Pemkab. 

“Empat belas sertifikat ini merupakan lahan atau tanah yang semua urusannya telah selesai, atau dengan arti kata,  seluruh aset pemkab yang sudah aman langsung disertfikatkan dan kami akan  selalu memonitor perkembangan aset-aset pemkab lainnya untuk di sertifikat kan,”.  

Baca juga : Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak

"Terimakasih kita sampaikan kepada BPN,  dimana target untuk bulan ini sudah tercapai. Apalagi dari target kita hingga akhir tahun sebanyak 20 sertifikat,  sekarang sudah selesai 14," dan sejauh ini akui.   Altri Suandi, untuk mensertifikatkan pada umumnya terkendala pada proses administrasi. 

"Jadi orang zaman dahulu hanya menyerahkan melalui mulut dan perkataan tanpa bukti apa-apa. Nah sekarang saat kita akan mengurus,  pihak ahli waris kadang tidak mengetahui hal itu,"i. 

Baca juga : Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI

Harapan yang sama juga disampaikan Kepala Dinas PU Nofi Hendri  menyebutkan   masih ada ratusan lainnya tanah milik Pemkab Tanah Datar yang belum disertifikatkan. 

"Lebih kurang masih ada 955 aset yang belum disertifikatkan. Mulai dari jalan,  sarana kesehatan,  sekolah,  dan bangunan umum lainnya, " 

Hingga akhir tahun ini sebenarnya ada 61 bidang untuk diproses sertifikat. Namun,  dari jumlah itu ditargetkan selesai sebanyak 20 sertifikat bidang tanah hingga Oktober ini telah selesai sebanyak 14 sertifikat dan kita optimis .  sisanya dari target dapat terselesaikan oleh pihak BPN. Untuk tahun besok kita manargetkan sekitar 300 bidang untuk disertifikatkan,  tentunya hal ini juga kita bicarakan pembiayaannya, " 

Kepala BPN Tanah Datar Nurhamida mengatakan,  jika dari target 20 itu baru terselesaikan secara menyeluruh baru 14 sertifikat. "Total secara keseluruhan yang sudah selesai diurus pada tahun ini ada sebanyak 66 bidang. 42 diantaranya sudah selesai pada Agustus lalu, sisanya sekarang 14, dan masih ada yang sedang dikerjakan sesuai target. Dan jika tidak ada kendala seperti gugatan ataupun karena kesibukan administrasi,  sisa target tersebut dapat diselesaikan dalam dua pekan, "

Nurhamida menyebutkan , sesuai program pemerintah pusat untuk memetakan aset di wilayah masing-masing,  khusus di Tanah Datar terdapat 17.000 bidang tanah yang akan diukur. 10.000 bidang diukur oleh pihak ketiga,  dan 7.000 bidang diukur oleh pihak BPN sendiri. 

"Jadi dari semua target 17.000 bidang itu,  dipetakan mulai dari aset milik nagari,  kecamatan, hingga kabupaten, " sebut Nurhamida. 

Sementara itu Pjs Bupati Tanah Datar Erman Rahman  mengucapkan terima kasih kepada pihak BPN Tanahdatar  yang telah melakukan penerbitan sertifikat tanah aset Pemkab.

 "Terima kasih atas sertifikatnya semoga dengan sertifikat ini penataan aset akan lebih mudah dilakukan karena telah memiliki kekuatan hukum," ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa ke depan pihaknya akan terus melakukan kerjasama dengan pihak BPN dalam penuntasan aset tanah milik Pemkab dan kita berharap agar target BPN itu dapat terselesaikan sesuai target dari pemerintah pusat dan kepada OPD terkait agar seluruh aset yang telah disertifikatkan untuk segera dibenahi (M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Artikel Terkini
Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa
Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah
Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi
Wakil Kanselir Jerman Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Sekjen FAMARA: Tangkap Provokator Penyerangan Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas