INDONEWS.ID

  • Selasa, 03/11/2020 19:16 WIB
  • Unsur - Unsur Kogasgabratmin Embarkasi Matpur Pasukan TNI AD, Siap Menuju Daerah Operasi Tempur

  • Oleh :
    • luska
Unsur - Unsur Kogasgabratmin Embarkasi Matpur Pasukan TNI AD, Siap Menuju Daerah Operasi Tempur

Jakarta, INDONEWS.ID - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan embarkasi pasukan Brigade Infanteri 9/2Kostrad yang akan mengikuti Latihan Taktis Antar Kecabangan (Lattis Ancab) TNI AD tahun 2020 di Dermaga Semampir, Koarmada II, Surabaya, Selasa (3/11).

Kapal-kapal perang Kolinlamil yang terlibat dalam latihan antar kecabangan TNI AD Kartika Yudha 2020 berasal dari Satlinlamil 1 Jakarta dan Satlinlamil 2 Surabaya. Kapal – kapal perang tersebut berjenis angkut tank dan angkut personel yang terdiri dari KRI Tanjung Kambani 971, KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Lampung dan KRI Teluk Bintuni.

Baca juga : Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta

Kesemuanya melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer yang merupakan bagian dari tugas pokok Kolinlamil, yaitu pergeseran personel dan material untuk operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Dalam Latihan antar kecabangan itu, melibatkan kurang lebih 2767 prajurit dari berbagai kecabangan yang ada di TNI AD. Selain ribuan personel, TNI AD juga mengerahkan 163 alutsista untuk mendukung pelaksanaan Latihan Ancab kali ini.

Baca juga : Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI

Alutsista TNI AD yang dikerahkan dalam latihan ini yaitu Tank Leopard, Tank AVLB, Tank ARV, Ranpur Marder, Ranpur M 113 A1, Ranpur Anoa, Meriam 23mm/GB, Meriam 76 mm, Meriam 105 mm, Meriam 155 mm, Roket Astros, Heli MI 35, Heli MI 17, Heli Bell 412 dan Mortir 81.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) yang akan on board di KRI Bintuni 520 mengatakan dukungan Kolinlamil ini merupakan bagian dari tugas pokoknya yaitu  melaksanakan angkutan laut TNI yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis.

Baca juga : Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang

Rencananya kapal – kapal perang ini, Rabu (4/11) selesai apel kesiapan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi 2020 akan menuju Lampung untuk melaksanakan pendaratan tempur dan admnistrasi.
Dalam latihan Operasi pendaratan ini, Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) terdiri dari 8 KRI unsur Angkut, 5 KRI unsur Lindung, 1 KRI penyapu ranjau, 1 heli bell dan 1 heli Panther. Kolinlamil sebagai Kogasgabratmin melibatkan KRI dari Koarmada I, Koarmada II, pasukan Marinir dan Puspenerbal. (Lka)

Artikel Terkait
Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta
Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI
Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang
Artikel Terkini
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Korban Banjir Bandang di Sumbar
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas