INDONEWS.ID

  • Sabtu, 07/11/2020 21:01 WIB
  • Lagi, Pemerintah Malaysia Deportasi Ratusan WNI

  • Oleh :
    • Ronald
Lagi, Pemerintah Malaysia Deportasi Ratusan WNI
Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dideportasi oleh Pemerintahan Malaysia. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebanyak 502 warga Negara Indonesia (WNI) dideportasi dari Malaysia. Mereka dipulangkan dengan menggunakan pesawat carter dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) dan KLIA 2, Sabtu (7/11/2020).

Jika dirinci, sebanyak 146 orang diterbangkan menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH 871 tujuan Surabaya dan berangkat pukul 07.20 dari KLIA. Kemudian, sebanyak 153 orang berangkat dengan pesawat dengan nomor penerbangan MH 711 pukul 09.00 tujuan Jakarta dari Bandara yang sama.

Baca juga : Kerukunan dalam Suka Cita WNI dan Diaspora Merayakan Idul Fitri di Kenya

Sementara, 202 orang berangkat dengan menggunakan pesawat AirAsia pada pukul 10.30 waktu setempat dengan tujuan Medan. Total ada 502 WNI yang dipulangkan hari ini.

Turut hadir mengawal pemulangan para WNI itu Wakil Dubes RI di Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat; Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Kuala Lumpur, Rijal Al Huda; Atase Imigrasi, Mulkan Lekat; Atase Polri, Kolonel Hery Dwiharto, dan; sejumlah home staf serta lokal staf.

Baca juga : Pintu Suci Di Vatikan, Tinggal 293 Hari Lagi Akan Dibuka

Para WNI tersebut diberangkatkan dari Depo Tahanan Imigrasi Langkap sebanyak 266 orang, Pekan Nanas 192 orang, dan Lenggeng 40 orang. Sementara, empat orang diberangkatkan dari shelter KBRI Kuala Lumpur.

“Semoga pengalaman selama di Malaysia ini menjadi pengalaman hidup yang sangat berarti bagi Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu serta bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat dengan memulai kehidupan baru yang lebih baik,” ujar Rijal Al Huda saat memberi pengarahan kepada para WNI.

Baca juga : Prof. Tjandra Yoga: Waspada, Dengue Naik Lagi

Rijal Al Huda saat ditemui mengatakan, keberangkatan kali ini relatif lebih lancar karena memang sudah dikoordinasikan lebih awal. “Yang sempat kita ajukan ke Jakarta sekitar 709 orang dan itu pun akhirnya pihak Malaysia mengurangi karena pengaturan penerbangannya,” katanya.

Rijal menuturkan, ke depan, pihaknya ingin memulangkan lebih banyak lagi WNI karena di depo masih banyak yang harus segera dipulangkan.

“Nanti setelah pemulangan ke Medan kami akan langsung berkoordinasi dengan Imigrasi Putrajaya untuk langkah-langkah persiapan tahap berikutnya sekitar 14 hari lagi. Kami sudah koordinasi juga dengan Jakarta,” tandasnya. (rnl)

 

Artikel Terkait
Kerukunan dalam Suka Cita WNI dan Diaspora Merayakan Idul Fitri di Kenya
Pintu Suci Di Vatikan, Tinggal 293 Hari Lagi Akan Dibuka
Prof. Tjandra Yoga: Waspada, Dengue Naik Lagi
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Kunjungi Batalyon SATGAS YONIF 133/Yudha Sakti di Susumuk
Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di SMP Negeri 1 Ayawasi
Plh Dirjen Polpum Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lingkup Kemendagri dan BNPP
PTPN IV Regional 4 Salurkan 94 Bantuan Stunting di Muara Bulian
Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju Dan Bisa Membantu Sesama
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas