INDONEWS.ID

  • Jum'at, 15/01/2021 17:10 WIB
  • Pasmar 1 Siapkan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Musibah Gempa Bumi di Sulawesi Barat

  • Oleh :
    • luska
Pasmar 1 Siapkan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Musibah Gempa Bumi di Sulawesi Barat

Jakarta, INDONEWS.ID - Menyikapi situasi terkini terkait dengan musibah gempa bumi yang melanda wilayah Majene dan Mamuju di Provisi Sulawesi Barat, Pasmar 1 menyiapkan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) yang telah tergelar di Lapangan Apel Brigif 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Jum'at (15/01/2021) siang. 

Mayor Marinir Aristarkus Unu selaku Perwira Penerangan Pasmar 1 yang berada di lokasi menjelaskan bahwa kesiapan satuan ini ditinjau langsung oleh Wakil Komandan (Wadan) Pasmar 1 Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., mewakili Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., yang bertujuan untuk melihat dan mengecek langsung kesiapan para prajurit Pasmar 1 Korps Marinir beserta materialnya yang sementara masih berstatus standby menunggu perintah dari satuan atas. 

Baca juga : Danpasmar 1 Hadiri Peresmian Pantai Pendaratan Korps Marinir

Pada kesempatan tersebut, satgas SRC-PB menggelar sebanyak 450 personel dan berbagai macam material seperti peralatan kesehatan, kendaraan taktis diantaranya, truk hino, truk liaz, truk reo, truk kesehatan, mobil ambulance, kia serta alat berat beko yang dipimpin oleh Komandan Satgas Mayor Marinir Rudi Sutisna, M.Tr.Opsla., yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Zeni 1 Marinir (Danyon Zeni 1 Mar). 

Kehadiran para prajurit Korps Marinir salah satunya dalam setiap satgas kemanusiaan bencana alam ini merupakan salah satu tugas yang diemban sebagi Kotamaops Mabes TNI yang harus siap apabila ditugaskan sewaktu-waktu baik misi tempur dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun misi kemanusiaan pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti yang saat ini tergelar. 

Baca juga : Danpasmar 1 Lantik Kolonel Marinir Freddy Ardianzah Sebagai Danbrigif 1 Marinir

Dalam arahannya Wadan Pasmar 1 selalu mengingatkan kepada prajurit yang disiapkan ini agar selalu tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. 

"Suatu kehormatan bagi kita prajurit Pasmar 1 yang diminta untuk menyiapkan personel dalam rangka membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi di Sulawesi Barat dengan kekuatan 6.2 SR. Saat ini status kita standby menunggu perintah lebih lanjut untuk berangkat ke daerah operasi, kemudian pesan dari Danpasmar 1 agar tugas ini dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa keikhlasan, karena ini merupakan tugas yang mulia guna membantu sesama umat manusia yang sedang dilanda musibah," tutup Wadan Pasmar 1 mengakhiri arahannya. 

Baca juga : Wujudkan Prajurit Pasmar 1 Yang Profesional, Pasmar 1 Gelar Rapat Komando Terbatas

Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Danpasmar 1, para Dankolak Pasmar 1 serta Dansatlak jajaran Pasmar 1. (Lka)

Artikel Terkait
Danpasmar 1 Hadiri Peresmian Pantai Pendaratan Korps Marinir
Danpasmar 1 Lantik Kolonel Marinir Freddy Ardianzah Sebagai Danbrigif 1 Marinir
Wujudkan Prajurit Pasmar 1 Yang Profesional, Pasmar 1 Gelar Rapat Komando Terbatas
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas