INDONEWS.ID

  • Jum'at, 29/01/2021 20:32 WIB
  • Seleksi Jubir KPK Belum Membuahkan Hasil

  • Oleh :
    • Ronald
Seleksi Jubir KPK Belum Membuahkan Hasil
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan beberapa tahapan proses seleksi calon juru bicara pengganti Febri Diansyah yang mundur. Namun, hingga seleksi tahap akhir itu, tak ada satu pun yang dinyatakan lolos memenuhi kriteria.

Plt jubir KPK Ali Fikri mengatakan, setelah dilakukan beberapa tahapan pihak ketiga, berdasarkan hasilnya, tidak ada peserta yang dinyatakan lolos.

Baca juga : KPK: Pembebastugasan 75 Pegawai Tidak Ganggu Kinerja

"Setelah dilakukan beberapa tahapan seleksi dengan melibatkan pihak ketiga yang Independen. Berdasarkan informasi yang kami terima, bahwa tidak ada peserta yang dinyatakan lulus ke tahap akhir," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya kepada awak media di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Dengan begitu, untuk sementara waktu posisi juru bicara KPK masih diisi pelaksana tugas, yakni Ali Fikri sebagai juru bicara bidang penindakan, dan Ipi Maryati Kuding sebagai juru bicara bidang pencegahan.

Baca juga : Tahanan KPK Lakukan Pemukulan, Ali Fikri : Karena Salah Paham

Ali menyebut KPK berencana membuka seleksi baru untuk posisi yang sama. Namun Ali belum menjelaskan kapan rencana tersebut digelar.

"Mengenai rencana rekrutmen dan seleksi berikutnya untuk pengisian jabatan dimaksud akan kami sampaikan lebih lanjut. Keterangan pengumuman dimaksud dapat dilihat di website https://ppm-rekrutmen.com/kpk/pengumuman," ujar Ali.

Baca juga : Saksi Kasus Edhy Prabowo Meninggal, Plt. Jubir KPK: Proses Hukum Tidak Terganggu

Diketahui, sempat tersisa enam kandidat calon juru bicara pada September 2020 lalu. Enam kandidat tersebut hanya lolos seleksi tahap dua.

"Setelah seleksi tahap dua yaitu tes potensi yang dilaksanakan tanggal 29 Agustus 2020, saat ini ada enam pelamar yang akan mengikuti tahap berikutnya, yaitu test assesment, bahasa Inggris, dan tes kesehatan," ujar Ali, Jumat ( 4/9/2020).

Ali mengatakan, enam kandidat tersebut terdiri dari satu aparatur sipil negara (ASN) pada LIPI dan lima kandidat dari masyarakat umum. Namun Ali tak membuka nama para kandidat.

"Test pada tahap ini akan dilakukan pada tanggal 5 dan 7 September 2020 dan akan dimumkan hasilnya pada tanggal 11 September 2020," kata Ali.

Sebagai informasi,  ada 2.174 pendaftar yang mengikuti seleksi posisi Spesialis Humas Utama-Jubir KPK. Dalam tahap seleksi administrasi, ada 7 orang yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Tujuh pendaftar itu kemudian melakukan serangkaian tahapan seleksi. Hasilnya, KPK mendapatkan 6 kandidat pengisi jabatan jubir KPK.

Posisi jubir di KPK saat ini masih diemban oleh pelaksana tugas. Ada dua pelaksana tugas jubir KPK, yakni bidang penindakan, Ali Fikri, dan bidang pencegahan, Ipi Maryati. (rnl)

Artikel Terkait
KPK: Pembebastugasan 75 Pegawai Tidak Ganggu Kinerja
Tahanan KPK Lakukan Pemukulan, Ali Fikri : Karena Salah Paham
Saksi Kasus Edhy Prabowo Meninggal, Plt. Jubir KPK: Proses Hukum Tidak Terganggu
Artikel Terkini
Perlu Penindakan Tegas Terhadap Kejahatan Penggunaan Alat Rapid Tes Bekas
TNI AL Selamatkan 27 ABK KM Sinar Mas yang Alami Kebakaran
KPK: Pembebastugasan 75 Pegawai Tidak Ganggu Kinerja
Kerap Banjir, LaNyalla Desak Proyek KIT Batang Dievaluasi
Kutuk Serangan Israel, Presiden Jokowi: Agresi Harus Dihentikan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas