INDONEWS.ID

  • Selasa, 02/02/2021 14:01 WIB
  • PNM Berharap Kondisi Pasar Obligasi Masih Bisa Menarik Minat Investor

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
PNM Berharap Kondisi Pasar Obligasi Masih Bisa Menarik Minat Investor
Execuitive Vice President Keuangan dan Operasional PT PNM, Sunar Basuki

Jakarta, INDONEWS.ID - Executive Vice Presiden Keuangan dan Operasional PT Permodalan Nasional Madani (Persero) PNM Sunar Basuki mengatakan pihaknya berharap kondisi pasar obligasi masih dapat menarik minat para investor dibandingkan pasar saham yang masih volatile.

Demikian dikatakan Sunar menyusul adanya rencana PNM merilis obligasi secara bertahap yang mencapai total hingga Rp6 triliun pada tahun ini.

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

"Kami mengharapkan kondisi pasar obligasi masih menarik bagi investor di sepanjang 2021 dibandingkan pasar saham yg masih volatile. Rencana penerbitan obligasi akan disesuaikan dengan kebutuhan pendanaannya yang diperkirakan 2-3 kali penerbitan tahun ini," ujarnya mengutip Bisnis, Kamis (21/1/2021).

Sunar Basuki menuturkan sebanyak 60 persen pendanaan perusahaan diperoleh dari pasar modal yang mana biaya dana atau cost of fund lebih murah dibandingkan dengan perbankan.

Baca juga : PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional

BUMN yang bergerak di pembiayaan UMKM ini memproyeksikan setidaknya akan mengeluarkan obligasi berkisar Rp3 triliun hingga Rp6 triliun sepanjang 2021 ini.

Adapun, dari sisi tenor, PNM akan sangat fleksibel menyesuaikan dengan ekspektasi pasar yang jika ditinjau sudah mulai percaya diri untuk memasuki obligasi berjangka menengah seperti Medium Term Notes (MTN) dan panjang.

Baca juga : PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI

PNM diketahui memiliki kewajiban 2 obligasi jatuh tempo pada April 2021 sebesar Rp1,25 triliun dan pada November 2021 sebesar Rp839 miliar.

"Kami merencanakan penerbitan obligasi baru di sepanjang tahun 2021. Untuk jatuh tempo yang April 2021, dana pembayarannya sudah disiapkan dari kas internal yang ada saat ini," katanya.

Dana segar yang diperoleh dari penerbitan obligasi selain dipakai untuk refinancing juga akan digunakan untuk ekspansi usaha.

Pada 2021, PNM menargetkan jumlah nasabah hingga 9,6 juta. Jumlah tersebut diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat bawah.

Di sisi lain, pada 2020, PNM mendapatkan penyertaan modal negara sebesar Rp2,5 triliun untuk mendukung pertumbuhan bisnis PNM.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas