INDONEWS.ID

  • Senin, 22/02/2021 10:15 WIB
  • Ade Padmo Sarwono Jadi Calon Dubes RI untuk Yordania

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Ade Padmo Sarwono Jadi Calon Dubes RI untuk Yordania
Dubes RI ASEAN Ade Padmo Sarwono

Jakarta, INDONEWS.ID - Nama Duta Besar RI untuk ASEAN, Ade Padmo Sarwono masuk dalam daftar calon duta besar yang akan dilantik Presiden Jokowi dalam waktu dekat.

Selain Ade Sarwono, Nama-nama lain yang beredar melalui aplikasi pesang singkat WhasApp beberapa hari terakhir di antaranya ada mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan Ketua KADIN Rosan Roeslani.

Baca juga : Jejak FISIP UI: Mengenal Sosok Dubes RI untuk ASEAN Ade Padmo Sarwono

Berdasarkan informasi dari Sumber Indonews.id, Terawan akan dilantik menjadi Duta Besar Ri untuk Spanyol berkedudukan di Madri sedangkan Ade Padmo Sarwono akan menjadi Duta Besar Ri unutk Yordania berkantor di Amman.

Ade Sarwono sendiri terakhir menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Association of South East Asian Nations (ASEAN) yang berkedudukan di Jakarta. Jabatan ini didapuknya hingga saat ini.

Sebelumnya, Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) pernah menjadi Staff Directorate of Diplomatic Facalities di kementerian Luar Negeri RI
selama 1990 hingga 1992.

Karir Ade Padmo Sarwono menanjak setelah menyandang gelar Master of Arts bidang international and Affair di Jepang dengan menjadi
Head of Section for Regional Cooperation Directorate of Asia Pacific, Kementerian Luar Negeri pada 1994 hingga 1995.

Ia lalu ditunjuk menjadi Third Secretary-Second Secretary
Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Afrika Selatan selama 3 tahun 9 bulan sejak Agustus 1995 hingga April 1999 dan berkantor di Pretoria Area, Afrika Selatan.

Karirnya terus menanjak ketika ditunjuk menjadi Head of Section for Humanitarian Issues Directorate of International Organizations, Kementerian Luar Negeri Indonesia pada 1999 hingga 2001.

Padmo Sarwono kemudian menjadi Second Secretary - First Secretary
Permanent Mission of Indonesia to the UN and other intenational organizations in Geneva selama 4 tahun sejak 2001 hingga 2005.

Selanjutnya, Ia menjadi Deputy Director for ASEAN Political Cooperation Directorate General of ASEAN Cooperation, Ministry of Foreign Affairs of Indonesia selama 2005 hingga 2008.

Pada 2008 hingga 2012, Ia menjadi Director for ASEAN Political and Security Cooperation Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia.

Pada 2012, Ade Padmo Sarwono dikirim ke Darwin Asutralia setelah dipercayakan menjadi Consul/Head of Mission Consulate of the Republic of Indonesia. Jabatan itu dipegangnya hingga 2014.

3 tahun berikutnya, Ia bertugas di Perth, Australia dengan menjabat sebagai Consul General/Head of Mission Consulate General of Republic of Indonesia selama 2014 hingga 2017.

Padmo Sarwono kembali ke Indonesia sebagai Official di Kementerian Luar Negeri RI selama 2 bulan sebelum ditunjuk Presiden Jokowi menunjuknya menjadi Duta Besar.

Ade Padmo Sarwono akhirnya menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Association of South East Asian Nations (ASEAN) yang berkedudukan di Jakarta sejak 2018 hingga saat ini.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait
Jejak FISIP UI: Mengenal Sosok Dubes RI untuk ASEAN Ade Padmo Sarwono
Artikel Terkini
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas