INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/03/2021 21:59 WIB
  • Mengenang Arbi Sanit: Kiprah dan Pemikirannya

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Mengenang Arbi Sanit: Kiprah dan Pemikirannya
Forum Koordinasi Lintas Fakultas Alumni Universitas Indonesia (Fokal UI) menggelar acara mengenang kepergian Pakar Politik Indonesia Prof. Arbi Sanit.

Jakarta, INDONEWS.ID - Forum Koordinasi Lintas Fakultas Alumni Universitas Indonesia (FOKAL UI) menggelar acara bertajuk "Mengenang Arbi Sanit: Kiprah dan Pemikirannya" untuk mengenang kepergian Pakar Politik Indonesia Prof. Arbi Sanit.

Sebagaimana diketahui, Guru Besar Fakultan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) itu menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 81 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Kamis (25/3/21) sekitar pukul 07.15 WIB pagi.

Baca juga : Cianjur Memanggil! Pemred Asri Hadi Ajak Masyarakat Bantu Korban Gempa Cianjur

Meninggalnya Arbi Sanit meninggalkan bagi dunia kampus serta para ilmuwan politik secara umum. Namun secara khusus bagi alumni Universitas Indonesia (UI) yang pernah menimba ilmu darinya.

Sebagai guru besar FISIP UI, Arbi Sanit dikenal sebagai salah satu ilmuwan sekaligus sosok pengamat politik dengan analis yang tajam. Tak heran bila pendapat dan pemikirannya kerap mewarnai sejumlah media massa.

Baca juga : Peringatan Hari Kebangkitan Nasional: Manusia Indonesia Memaknai New Normal

Dalam sambutannya, Ketua FOKAL UI, Pande K. Trimayuni mengatakan Arbi Sanit merupakan sosok dosen yang berani melawan Orde Baru. Keberaniannya itu, terekam jelas dalam ingatan para mahasiswa FISIP UI, terutama di masa-masa pemerintahan Orde Baru.

"Dulu, Pak Arbi merupakan dosen kita untuk Sistem Politik Indonesia. Dan pak Arbi pada masanya, ketika saya kuliah dulu, kerap dikenal sebagai dosen yang berani melawan orde baru," kata Pande K. Trimayuni.

Baca juga : Alumni UI Siap Gelar Simposium Sebagai Masukan untuk Presiden Terpilih

Pande K. Trimayuni menceritakan dalam kelas-kelas yang diberikan Arbi Sanit saat itu, Ia selalu mengingatkan agar selain belajar di kampus, mahasiswa juga harus peduli terhadap setiap kondisi sosial politik negaranya.

"Pak Arbi Sanit selalu mengintakan kepada para mahasiwa agar harus berani melawan kekuasaan-kekuasaan yang dirasa menindas," tutur Pande K. Trimayuni.

Dari dulu hingga ajal menjemput, Pande K. Trimayuni menambahkan, siapapun yang mengenal Arbi Sanit tidak akan meragukan kesederhanaan, konsistensi dan integritasnya.

Bahkan, lanjut Pande K. Trimayuni, pada tahun lalu ketika covid-19 melanda Indonesia, Arbi Sanit masih sempat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran kepada pemerintah.

"Jadi semangatnya luar biasa sekali dari dulu sampai sekarang. Ini (acara) adalah kesempatan untuk kita memberikan penghormatan kepada Pak Arbi untuk bagaimana kemudian kita mengikuti jejak dan keteladanan dari sosok Pak Arbi Sanit," tutup Pande K. Trimayuni.

Diketahui, Pemimpin Redaksi Indonews.id, Asri Hadi bersama Menpan RB Tjahjo Kumolo, Prof. Burhan Magenda dan Dekan FISIP UI, beserta puluhan alumni FISIP UI yang pernah menjadi murid almarhum ikut melayat ke rumah duka sebelum jenazah almarhum Arbi Sanit dimakamkan di TPU Giritama Tonjong Parung Bogor pda Kamis (25/3) siang.*

Artikel Terkait
Cianjur Memanggil! Pemred Asri Hadi Ajak Masyarakat Bantu Korban Gempa Cianjur
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional: Manusia Indonesia Memaknai New Normal
Alumni UI Siap Gelar Simposium Sebagai Masukan untuk Presiden Terpilih
Artikel Terkini
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas