INDONEWS.ID

  • Kamis, 01/04/2021 19:16 WIB
  • Bupati Tanah Datar Eka Putra Dukung Program LKAAM Tanah Datar Masuk Sekolah

  • Oleh :
    • luska
Bupati Tanah Datar Eka Putra Dukung Program LKAAM Tanah Datar Masuk Sekolah

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanahdatar Eka Putra mendukung upaya yang dilakukan oleh LKAAM Kabupaten Tanahdatar dalam melestraikan nilai adat dan budaya melalui sekolah dan minta Dinas Pendidikan Tanahdatar untuk mempersiapkannya.

Hal itu disampaikan Bupati Tanahdatar Eka Putra waktu menerima kunjungan silaturahmi pengurus LKAAM Kabupaten tanahdatar yang dipimpin Arisno Dt. Andomo (Wakil Ketua I), Ir. Efendi Dt. Sidubalang (Wakil Ketua IV), Sy. Dt. Majo Indo (Koordinator Bidang Penyelesaian Sako dan Pusako), Hali Salni Dt. Paduko Basa (Koordinator Penyelesaian Tanah Ulayat Nagari), Mustafa Akmal Dt Sidi Ali (wakil Sekretaris  dan Yan Firman Dt. Angku Basa.

Baca juga : Ketua DPP BKPRMI Bersama Abu Omar Alfarouk dari Gaza Palestina Berikan penghargaan Kepada Bupati Tanah Datar

Pertemuan itu juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tanahdatar,Riswandi . Kepala Kantor Kesbangpol Irwan, Kepala Dinas PMDPPKB Nofendril Dt. Mangkodo Sutan yang juga bendahara umum LKAAM Tanah Datar di tempat kediaman Bupati di Indo Jalito.

Sebelumnya Sekretaris LKAAM Tanahdatar, Sekretaris LKAAM Tanah Datar Hardi Siswan Datuak Marah Banso menyampaikan kepada Bupati Tanahdatar hasil  rapat LKAAM Tanahdatar dengan  Kerapatan Adat Nagari (KAN) beberapa waktu lalu di Emersia Hotel Batusangkar, mengusulkan Program Niniak Mamak Masuk Sekolah kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga : Pengurus LKAAM Tanah Datar Terima Baju seragam Dari Bupati Tanah Datar

Dasar usulan program, karena selama ini anak kemenakan terkhusus untuk pembelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM) diajarkan oleh guru sekolah yang tidak berasal dari daerah di mana tempat Ia mengajar sehingga belum mencerminkan Adat Salingka Nagari dan.  melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, diusulkan betul-betul niniak mamak itu yang mengajarkan tentang adat Minangkabau kepada peserta didik di sekolah, mengingat Tanah Datar Luhak Nan Tuo  pusat adat dan budaya, diharapkan Tanah Datar menjadi yang terdepan terkait persoalan adat dan budaya di Minangkabau.

Sementara itu Bupati Tanahdatar Eka Putra menyambut baik rencana ini dan mengusulkan untuk dapat dilaksanakan secara bertahap serta meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat mengatur jadwalnya. 

Baca juga : Bupati Tanah Datar Eka Putra, Raih Top BUMD Awards Tahun 2024

“Untuk pembelajaran ini kita coba satu jam satu minggu dan dimasukkan dalam pembelajaran muatan lokal, setelah itu nanti diadakan lomba terkait pembelajaran adat ini,” dan   minta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menambah jam pelajaran agama di sekolah.

Karena menurutnya itu penting di samping pembelajaran adat dan mata pelajaran lainnya yang akan mencerdaskan serta melahirkan peserta didik yang berkarakter.

Seperti pengalaman kecilnya yang dikisahkan Eka Putra, ayahnya seorang Datuk (Niniak Mamak/pemangku adat) dan Ibunya warga Aisiyah, saat Eka kecil kalau ada wirid Aisiyah, dirinya selalu dibawa Ibunya, kalau ada acara-acara adat Eka juga sering dibawa ayahnya.

“Ayah saya dulu ketua LKAAM di Sijunjung, dan saya juga pernah tinggal di rumah Idrus Hakimi, usai shalat Magrib ketika itu saya belajar adat, namun itu belum sempurna dan Bupati Eka Putra juga akan terus meningkatkan program tahfiz Al-qur’an demi mewujudkan Tanah Datar kabupaten tahfizh yang akan melahirkan para penghafal Alqur’an dan anak-anak Tanah Datar yang cerdas dan berkarakter. saat ini terasa begitu pentingnya pelajaran agama, adat dan budaya bagi generasi penurus,”

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi mengatakan program Niniak Mamak Masuk Sekolah ini sedang dalam tahap persiapan silabus, kurikulum dan di bidang kebudayaan sudah dalam bentuk kegiatan namun ini masih terbatas.   Ke depan pihaknya akan mendorong pihak sekolah untuk berkoordinasi dengan niniak mamak di nagari di mana sekolah berada untuk dijadikan narasumber. (M.Datuk)

Artikel Terkait
Ketua DPP BKPRMI Bersama Abu Omar Alfarouk dari Gaza Palestina Berikan penghargaan Kepada Bupati Tanah Datar
Pengurus LKAAM Tanah Datar Terima Baju seragam Dari Bupati Tanah Datar
Bupati Tanah Datar Eka Putra, Raih Top BUMD Awards Tahun 2024
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas