INDONEWS.ID

  • Jum'at, 16/04/2021 11:38 WIB
  • Reshuffle Minggu Depan, Bambang Brodjonegoro Calon Kuat CEO Ibu Kota Baru

  • Oleh :
    • very
Reshuffle Minggu Depan, Bambang Brodjonegoro Calon Kuat CEO Ibu Kota Baru
Menristekdikti, Bambang Brodjonegoro (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID – Isu reshuffle kabinet kian menjadi pembicaraan hangat. Hal ini setelah Presiden Joko Widodo melakukan penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Ristek dan memunculkan sebuah nomenklatur baru yaitu yaitu Kementerian Investasi.

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra

Sumber Indonews.id menyebutkan bahwa saat ini Presiden Jokowi sedang merampungkan Perpres kelembaggan baru yaitu Kementerian Investasi, Kemendikbud Ristek dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Karena itu, reshuffle tidak mungkin dilakukan sebelum Perpres ini rampung. Setidaknya, Presiden Jokowi baru akan mengumumkan reshuffle kabinet pada Minggu depan,” ujarnya di Jakarta, Jumat (16/4).

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

Dia memperkirakan Presiden Jokowi paling cepat mengumumkan kabinet pada Rabu depan (21/4).

Ditanya tentang siapa saja calon menteri baru Jokowi, dia mengatakan enggan berspekulasi. “Tunggu saja karena akan diumumkan Presiden sendiri,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Namun, ketika ditanya terkait ke mana posisi Menristekdikti, Bambang Brodjonegoro dia menjawab kemungkinan besar akan ditunjuk menjadi CEO Ibu Kota Baru.

“Bocorannya Bambang Brojo jadi CEO Ibu Kota baru,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa saat ini dirinya sudah mengantongi empat calon pemimpin ibu kota baru. Berbeda dari daerah lain, ibu kota baru yang ditetapkan di Penajam Paser Utara ini akan dikelola khusus oleh sebuah badan otorita yang akan segera dibentuk.

Seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (3/3/2020), keempat nama yang akan menjadi calon kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) yakni Bambang Brodjonegoro, Basuki Tjahaja Purnama, Tumiyana, dan Abdullah Azwar Anas.

"Yang namanya kandidat ya memang banyak. Satu, Pak Bambang Brodjo (Brodjonegoro). Dua, Pak Ahok. Tiga, Pak Tumiyana. Empat, Pak Azwar Anas," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa Otoritas Ibu Kota Negara ini segera ditandatangani peraturan presiden (perpres)-nya, termasuk di dalamnya mengatur keberadaan chief executive officer (CEO) dari IKN yang ditunjuk dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

"CEO-nya sampai sekarang belum diputuskan, dan akan segera diputuskan insya Allah dalam minggu ini," kata Jokowi. (Very)

Artikel Terkait
Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Artikel Terkini
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
LPER Dilibatkan BNPT Berikan Kuliah Umum Kepada Peserta Didik di Penajam, dan Kutai Kertanegara, Kaltim
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas