INDONEWS.ID

  • Senin, 10/05/2021 10:10 WIB
  • Sako Santuni 128 Anak Yatim Piatu Nagari Sabu Kecamatan Batipuh

  • Oleh :
    • luska
Sako Santuni 128 Anak Yatim Piatu Nagari Sabu Kecamatan Batipuh

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Perantau Sako (Sabu sakato   Santuni  128 Anak  Yatim /Piatu Nagari Sabu Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar dengan nilai santunan seluruh nya rp 75 juta

Penyerahan santunan untuk anak yatim /piatu ini dilakukan secara simbolis oleh ketua umum Sako Rio Hendra. Dt.Garak, S.H kepada pengurus Mesjid  Masjid Aqsha  Kali Rajo. 

Baca juga : Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Penyerahan ini dihadiri oleh Pemerintah Nagari Sabu. Niniak Mamak Nagari Sabu, BPRN Sabu, Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta perwakialan  Sako Bukutitinggi, Sako Padang Panjang, Sako Padang serta Sako Jambi.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPP Sako Rio Hendra Dt Garak SH manyebutkan  SAKO (Sabu Sakato) merupakan wadah organisaai sosial  anak nagari Sabu baik yg berada di perantauan maupun yg berada di kampung halaman.

Baca juga : Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak

Sejak berdirinya SAKO tahun  2019, telah banyak melahirkan program sosial untuk kampung halaman yaitu nagari Sabu.kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar.

Salah satu program andalan SAKO di bidang sosial kemasyarakatan  adalah mengumpulkan dan menyalurkan infak, sadaqah, dan sumbangann dalam rangka  menyantuni anak yatim/ piatu, fakir miskin, dan orang tua jumpo Nagari Sabu. 

Baca juga : Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI

Bantuan ini merupakan  tahun kedua Program Katidiang Anak Yatim, SAKO berhasil mengumpulkan dan menyalurkan santunan anak yatim  sebanyak Rp.75.000.000,-, melebihi pencapaian sebelumnya yaitu  Rp.37.000.000,-.
Tentunya pencapaian ini berkat usaha dan kerja sama antara Dewan Pengurus Pusat bersama Jajaran Pengurus Wilayah yang tersebar di Jabodetabek, Jambi, Sarolangun Bangko, Pekan Baru (Rayon Pasakusuma & Rayon Tenayan Raya), Bangkinang, Bukit Tinggi, Pasaman Barat, Padang, Taluak Kuantan,  Taluak Kuantan Trans F, Padang Panjang serta dukungan Urang Sabu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara  tahun ini jumlah penerima Katidiang Anak Yatim SAKO sebanyak 128 orang yang berada di Nagari Sabu 97 orang, Padang 10 orang, Pasakusuma Pekanbaru 10 orang, Jambi 4 orang, Jabodetabek 2 orang, Taluak Kuantan Tran F 2 orang, Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau 1 orang serta di Batu Basa Simabur 2 orang. Jumlah nominal yg diterima masing-masing anak adalah Rp. 580.000. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya 74 orang yang dikhususkan bagi anak yatim/piatu yang berada di Nagari Sabu saja.

Sedangkan Sumber dana yg dikumpulkan melalui HOYAK KATINDING SAKO UNTUK ANAK NAGARI SABU,  yg berasal dari sako wilayah yg telah terbentuk antara lain  Sako Jabodetabek, Sako Jambi, Sako Sarolangun Bangko, Sako Dharmasraya, Sako Padang panjang, Sako Bukittinggi, Sako Padang,  Sako Pasaman Barat, Sako Bangkinang, Sako Pekanbaru (Sako Rayon Pasakusuma Pekanbaru, Sako Rayon Tenayan Raya pekanbaru), Sako Pulau Batam, Sako Taluak Kuantan, Sako Trans-F Taluak Kuantan, dan  Donatur di luar organisasi Sako yaitu dari Yayasan Kolaborasi Lafirza Indonesia, Brimob Angkatan 17.1 Polda Sumbar, Alumni SMP Batipuh th 86 serta dari Civitas Akademika Univ Batang Hari Jambi kemudian dari donatur lainnya.

Mudah mudahan dengan Adanya  santunan ini dapat membawa kebahagian bagi anak yatim/ piatu Nagari Sabu dan dapat dimanfaat dengan sebaik baiknya.

Hal yg sama juga disampaikan oleh ketua Sako Bukittingi Sesri, Sutan Rajo Imbag, S.Kom sertan perwakilan dari Sako Padang Zulman Efendi, S.Pd yang juga mengharapkan  santunan ini bermanfaat dan menjadi ladang amal bagi kita semua (M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Artikel Terkini
Kisah AO PNM Mekaar, Keluar Zona Nyaman untuk Beri Kenyamanan Keluarga
Paskah 2024, ASN DKI Jakarta Berwisata Bersama 500 Anak Panti Asuhan
Banjir Rendam Satu Desa di Subulussalam, Aceh
Dansatgas Yonif 742/SWY Kunjungi Salah Satu SD Darurat di Perbatasan RI-RDTL
Kawal Pemerintahan Baru, Tokoh Lintas Agama: Jika Ada Kurang-kurangnya Kita Perbaiki
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas