INDONEWS.ID

  • Sabtu, 12/06/2021 20:30 WIB
  • Analisa Peta Kekuatan Pre-Match Piala Eropa Grup A Tahun Ini

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Analisa Peta Kekuatan Pre-Match Piala Eropa Grup A Tahun Ini
Baku Ollympic Stadium, Azerbaijan Arena Building

Oleh: Oleh: Syafri Adnan Baharudin, eks Dubes WTO dan Pengamat Bola

Bola, INDONEWS.ID - Berikut ini adalah analisis peta kekuatan Tim Nasional yang akan saling beradu taktik, strategi dan kekuatan di grup A pada perhelatan Piala Eropa tahun ini.

Baca juga : Simak Nih! Prediksi Laga Final Euro 2020 Inggris Lawan Italia

GRUP A

PRE-MATCH SWISS vs WALES di Stadion Olympia Baku, Azeirbajan.
 
Grup A merupakan salah satu grup yang sulit dan hanya kalah dari Grup F yang dihuni oleh tiga favorit (berdasarkan koefisien ranking FIFA terakhir). Italia berada sedikit di atas ketiga tim lain yang relatif sama levelnya. Hal ini berarti sejak awal seluruh tim dalam grup harus mengumpulkan poin dan selisih gol se optimal mungkin.
 
Wales datang ke Euro 2021 tidak dengan kondisi dan prediksi pengamat yang sesuai dengan prestasi sebagai semi-final Piala Euro 2016, dimana dalam perjalanannya menyingkirkan favorit kuat saat itu, Belgia.
 
Gareth Bale (Madrid) kurang jam terbang menjelang Euro. Coach Page menggunakan skema 3-4-3, yang berarti Bale akan didampingi oleh Roberts (Leeds) dan James (MU). Lini tengah Wales dapat dikatakan biasa saja, apalagi jika Ramsey (Juventus) tidak dimainkan.
 
Allen (Stoke)-Ampadu (Chelsea)-Wilson (Liverpool, dan Williams (Cardiff) juga kurang jam terbang. Tiga back: Davies (Spurs)- Rodon (Spurs) dan Mepham (Bournemoth) relatif lebih baik, untuk bisa meredam duo penyerang dan lini tengah Swiss. Kiper Daniel Ward (Leicester)
 
Swiss tim langganan Piala Eropa, termasuk tim papan tengah yang bisa menyulitkan tim manapun. Kiper Yan Sommer cukup berpengalaman. Back Swiss dipimpin oleh Fabian Schar (Newcastle United) didampingi Akanji (Borussia) dan Elvedi (Borrusia), cukup solid utk bisa ditembus penyerang Wales.
 
Lini tengah dengan skema 3-4-1-2, diisi oleh Mbabu (Wolfsburg)-Xhaka (Arsenal) yang sangat berpengalaman, Freuler (Atalanta), Rodriguez (Torino), keempatnya juga punya naluri bertahan. Shaqiri (Liverpool) bermain sebagai second striker, dibelakang duo penyerang Seferovic (Benfica) yang jam terbang tinggi dan Gavranovic (Zagreb) atau Embolo (Borussia).
 
Jika Xhaka dan Freuler tidak terlalu konsenterasi untuk ikut bertahan, maka lini tengah akan bisa dikuasai Swiss sebagai kunci kemenangan. Wales harus mewaspadai gerakan winger Mbabu dan Rodriguez. Kejelian Coach Petkovic ikut menentukan.
 
PREDIKSI: SWISS 51 - WALES 49
Baca juga : Sebelum Laga Final, Yuk Simak Statistik Hasil 50 Laga Euro 2020!
Artikel Terkait
Simak Nih! Prediksi Laga Final Euro 2020 Inggris Lawan Italia
Sebelum Laga Final, Yuk Simak Statistik Hasil 50 Laga Euro 2020!
PRE-MATCH: ITALIA VS AUSTRIA
Artikel Terkini
LPER Mendapat Penghargaan Terkait Ketahanan Pangan Dari Kepala KODIM Kota Bekasi
Pj Bupati Maybrat menerima kunjungan kerja dari Kepala BPJS Kesehatan
Gelar Dharma Santi Nyepi BUMN 2024, Deputi: Keragaman Adalah Kekuatan dalam Mereformasi BUMN
Menteri AHY Jelaskan Tentang Reforma Agraria dan Agenda Undangan Bank Dunia di Depan Para Diplomat
Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas