INDONEWS.ID

  • Sabtu, 12/06/2021 21:10 WIB
  • Ketum SOKSI Ali Wongso: UMKM Harus Tangguh Hadapi Dampak Pandemi Covid-19 untuk Pemulihan Ekonomi Rakyat

  • Oleh :
    • very
Ketum SOKSI Ali Wongso: UMKM Harus Tangguh Hadapi Dampak Pandemi Covid-19 untuk Pemulihan Ekonomi Rakyat
Ketua Umum SOKSI, Ali Wongso saat menyerahkan bendera pataka kepada Ketua Umum INKOWAPI dan SAHARA (Sahabat Usaha Rakyat) Sharmila di Aula DPP Partai Golkar, Slipi, Sabtu pagi (12/06). (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ketua Umum SOKSI, Ali Wongso menyatakan UMKM di Indonesia mesti tangguh agar bisa bertahan dan bahkan maju menghadapi dampak pandemi covid -19 sehingga memberi kontribusi optimal dalam pemulihan ekonomi rakyat dan bangsa.

Untuk itu diperlukan program pelatihan UMKM dilanjutkan dengan upaya pemberdayaan melalui akses permodalan dan akses teknologi digitalisasi yang mampu mendorong aktualisasi UMKM semakin tangguh dan efektif mendorong kemajuan ekonomi serta kesejahteraan rakyat bangsa ini ke depan.

Baca juga : Gandeng PNM, DBS Salurkan Rp1 T Fasilitas Kredit ke Nasabah Mekaar

Hal itu dikatakan Ali Wongso dalam sambutannya saat membuka resmi acara Pelatihan Kader UMKM SOKSI bekerjasama dengan INKOWAPI dan SAHARA (Sahabat Usaha Rakyat) di Aula DPP Partai Golkar, Slipi, Sabtu pagi (12/06). Hadir dalam acara itu 63 perempuan perwakilan pelaku warung UMKM dari Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar itu juga mengingatkan kepada puluhan juta pelaku UMKM agar patut bangga dan bersyukur atas  Pemerintahan Presiden Jokowi yang telah terbukti "Pro UMKM" khususnya dalam menghadapi masa pandemi covid-19 ini.

Baca juga : Satu Dekade Bersama SiCepat Ekspres, Bukti Konsistensi Perusahaan Bantu Masyarakat dan UMKM

Hal tersebut, katanya, dibuktikan dengan fakta banyaknya bantuan langsung Pemerintah bagi pelaku UMKM dan berbagai kebijakan  keuangan inklusif seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) perbankan hingga Rp 100 juta tanpa collateral (agunan) dengan bunga rendah karena disubsidi oleh pemerintah.

"Tanpa berpretensi kepentingan apapun, adalah fakta bahwa Menko Perekonomian dan Ketua PEN Airlangga Hartarto, senantiasa  mem-backup Bapak Presiden Jokowi yang Pro UMKM. Karena itu tak berlebihan jika Pak Airlangga juga dapat kita sebut ‘Bapak UMKM Indonesia’,” ujar mantan Ketua Partai Golkar 3 periode itu disambut meriah dengan tepuk tangan seluruh peserta pelatihan UMKM.

Baca juga : Bukan Hanya Modal Uang, Ini Program PNM yang Bisa Dinikmati Pelaku UMKM

(Peserta pelatihan program pelatihan UMKM. Foto: Ist)

Ali Wongso menambahkan para pelaku UMKM Indonesia sepatutnya juga berkepentingan untuk memastikan masa depannya terus kondusif. “Apa yang mesti dilakukannya agar supaya kepemimpinan nasional ke depan harus tetap pro UMKM. Karena kepentingan masa depan UMKM itulah juga salah satu alasan SOKSI mendukung Pak Airlangga Hartarto untuk menjadi calon Presiden tahun 2024 mendatang dan SOKSI akan berupaya menggerakkan program pemberdayaan UMKM melalui LPUMKM SOKSI yang akan dipimpin Ibu Ir. Sharmila, Msi," ujar Ali Wongso.

Hadir juga pada acara itu para pimpinan teras SOKSI antara lain, Wakil Ketua Umum SOKSI Anshari Wiriasaputra, Sekjen Riko Heryanto, Ketua Koperasi & UMKM Sharmila, Ketua Organisasi Irfan Syahrial, dan Ketua SOKSI DKI Jakarta Edi Rudyanto dan para pengurus lainnya.

Sharmila selaku Ketua Penyelenggara dalam sambutan laporannya menyatakan bahwa SOKSI akan terus bergerak sistematis dalam pemberdayaan UMKM termasuk membina perempuan pelaku Warung sebagai usaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia melalui LPUMKM SOKSI. “Di Jabodetabek kami sudah targetkan 50.000 warung penggerak dan secara nasional 1,7 juta dengan binaan 20 orang perwarung,” ujarnya.

“Untuk itu, kami akan melaksanakan pelatihan-pelatihan dan pembinaan intensif, optimal dan bertahap ke depan sebagai gerakan pemberdayaan menyeluruh bagi siapa saja pelaku UMKM Indonesia,” pungkas Sharmila yang juga Ketua Umum Inkowapi dan Pendiri Sahara itu. (Very)

Artikel Terkait
Gandeng PNM, DBS Salurkan Rp1 T Fasilitas Kredit ke Nasabah Mekaar
Satu Dekade Bersama SiCepat Ekspres, Bukti Konsistensi Perusahaan Bantu Masyarakat dan UMKM
Bukan Hanya Modal Uang, Ini Program PNM yang Bisa Dinikmati Pelaku UMKM
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas