INDONEWS.ID

  • Minggu, 13/06/2021 16:47 WIB
  • KRI Banjarmasin 592 Debarkasi Dua Batalyon TNI AD, Siap Damaikan Papua

  • Oleh :
    • luska
KRI Banjarmasin 592 Debarkasi Dua Batalyon TNI AD, Siap Damaikan Papua

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka pelaksanaan tugas pengamanan Daerah rawan di wilayah timur. KRI Banjarmasin 592 debarkasi 2 batalion TNI AD yang tiba di Pelabuhan Freeport Timika, Minggu (13/6).

Dua batalion TNI AD yang berasal dari dua batalyon tersebut Yonif 315/Garuda menurunkan 292 prajurit dari Kompi Tempur II dan Yonif 521/Dadaha Yodha menurunkan 36 prajurit dari Kompi A. Mereka dibagi dalam beberapa daerah operasi sesuai dengan penugasannya. 

Baca juga : Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta

Proses debarkasi sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, saat para prajurit turun dari kapal langsung di ukur suhu tubuh, cuci tangan dan penyemprotan disinfektan baik prajurit maupun perlengkapannya serta melaksanakan rapid test. Seluruh prajurit melaksanakan protokol covid-19 sebagai upaya mencegah penyebaran virus tersebut masuk ke wilayah Papua.

Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Nurohmad Ibrahim mengatakan selama lintas laut kondisi platform maupun sewaco serta mesin kapal dalam kondisi siap layar. Begitupun Kondisi para awak KRI pun siap secara fisik dan profesional dengan berlatih selama operasi.

Baca juga : Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI

“Kondisi platform maupun sewaco serta mesin kapal dalam kondisi siap operasi. Selama lintas laut para awak KRI pun siap secara fisik dan profesional dengan terus berlatih selama melaksanakan operasi” kata Komandan KRI Banjarmasin 592.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah mengatakan bahwa salah satu tugas pokok Kolinlamil sesuai Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI salah satunya adalah pembina tunggal angkutan laut militer TNI, dalam implementasinya dapat berupa kegiatan melaksanakan pergeseran pasukan, material dan logistik TNI guna mendukung operasi TNI, termasuk kali ini dalam mendukung Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan.

Baca juga : Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang

“Kapal perang Kolinlamil selalu siap mendukung Pergeseran pasukan maupun logistik dari suatu Pangkalan Angkatan Laut, Pelabuhan Umum, Pantai ke Pangkalan Angkatan Laut atau ke Pelabuhan Umum dan pantai lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini sesuai dengan Pepres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia,” jelas Panglima Kolinlamil.

KRI Banjarmasin 592 adalah kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yang merupakan hasil karya anak bangsa dibangun di galangan PT PAL, dan bergabung resmi di Angkatan Laut pada tanggal 28 November 2009.

Selain sebagai kapal angkut pasukan, ranpur dan material juga mempunyai kemampuan docking dan undocking. Dalam rangka memproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui landing craft unit, baik dalam operasi amphibi maupun operasi lainnya. (Lka)

Artikel Terkait
Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta
Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI
Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas