INDONEWS.ID

  • Rabu, 07/07/2021 08:03 WIB
  • POST-MATCH: ITALIA 4(1)-SPANYOL 2(1)

  • Oleh :
    • luska
POST-MATCH: ITALIA 4(1)-SPANYOL 2(1)

Penulis Syafri Adnan

ULASAN EURO 2021

SEMI-FINAL 

Partai klasik ini berlangsung seru dan mencekam dari menit pertama hingga akhir adu penalti yang dimenangkan oleh Italia. Spanyol jelas menguasai pertandingan, mereka hanya kalah dari efektifitas tembakan tepat sasaran. Italia 4/7 dan Spanyol 5/16.

Jika susunan pemain Italia sesuai dengan perkiraan, Spanyol tidak memainkan striker Morata dan Moreno, melainkan memainkan Oyarzabal (Real Sociedad) sejak awal.

Alasannya mungkin antara lain untuk 'mematahkan' strategi Italia-Oyarzabal bermain lebih 'kedalam'. Style Morata juga sudah diketahui tembok kembar Bonucci dan Chiellini, karena mereka bertiga berasal dari Juventus.

Italia langsung menggebrak sejak menit pertama, namun setelah menit ke 8, Spanyol ganti mengurung daerah Italia, utamanya melalui aliran bola dari Busquets, Pedri, dan Koke, kepada Olmo, Oyarzabal, dan Ferran Torres.

Italia dipaksa bertahan dan hanya sesekali melakukan Counter-attack yang berasal dari Barella, Jorginho, dan Veratti. Dua wing back, Lorenzo dan Emerson, jarang overlapping, karena khawatir dengan kecepatan Olmo dan Torres. Terasa sekali absennya Spinazzola.

Donnarumma sempat membuat satu blunder tapi beberapa kali melakukan save. Barella juga pernah buat blunder, beruntung sepakan Olmo kurang tepat sasaran. Chiesa lebih banyak membantu pertahanan, demikian juga Insigne. Akibatnya Immobile cenderung bermanuver sendiri dan mudah dipatahkan oleh Garcia maupun Laporte.

Babak kedua jual beli serangan terus berlangsung. Spanyol berupaya menambah daya gedor dengan memasukkan Morata, Moreno, Pedro, dan Alcantara. Namun justru Italia yang mencetak gol pada menit ke 60 melalui set-piece yang diawali Donnarumma jauh kedepan, diterima oleh Insigne yang lantas memberi umpan kepada Chiesa, dengan tendangan lengkung ke tiang jauh, tanpa bisa ditepis oleh Simon.

Italia melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Belotti menggantikan Immobile, Toloi mengganti Emerson, Locatelli mengganti Veratti, Pessina mengganti Barella, dan Bernadeschi mengganti Chiesa. 

Namun Spanyol berhasil menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke 80 dari hasil counter-attack, Olmo memberi umpan terobosan kepad Morata, yang meski dikawal oleh Bonucci dan Chiellini, masih bisa menyepak kesisi kanan Donnarumma tanpa bisa ditepisnya. 

Sisa pertandingan waktu normal dihiasi oleh saling serang, hanya belum ada yang tepat sasaran. Dalam babak extra-time, Spanyol lebih menguasai permainan, namun serangan-serangan tersebut bisa diredam oleh back Italia. Demikian pula beberapa kali Italia sempat menyerang, namun penyelesaiannya belum sesuai harapan.

Adu penalti tak terelakkan. Penendang pertama Italia-Locatelli dan penendang pertama Spanyol-Olmo, keduanya gagal. Penendang berikut dari Italia: Belotti-Bonucci-Bernadeschi berhasil, sementara ada satu lagi penendang Spanyol gagal yaitu Morata.

Sebagai penendang ke 5 Italia adalah sang 'Professor' Jorginho, berhasil mengelabui Simon, dan Italia berhasil menang 4-2, untuk selanjutnya menuju ke Final, Senin 12 Juli, jam 02.00, di Stadion Wembley lagi, menghadapi pemenang semi-final nanti malam yaitu Inggris vs Denmark.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap
Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa
Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah
Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi
Wakil Kanselir Jerman Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas