INDONEWS.ID

  • Minggu, 05/09/2021 16:27 WIB
  • Meriahkan HUT ke-1, GORENGAN dan Resto Solo Gelar Gowes Wisata Rute Nanjak di Bogor

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Meriahkan HUT ke-1, GORENGAN dan Resto Solo Gelar Gowes Wisata Rute Nanjak di Bogor
GORENGAN atau Gowes Barengan, sebuah wadah dari komunitas sepeda se-Jabodetabek yang berdiri dan exist di Kota Bogor merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 pada hari ini, Minggu (5/9/21). Resto Solo dan Kawan Baru Coffee & Talk menjadi sejarah tempat wadah ini diciptakan setahun lalu.

Jakarta, INDONEWS.ID - GORENGAN atau Gowes Barengan, sebuah wadah dari komunitas sepeda se-Jabodetabek yang berdiri dan exist di Kota Bogor merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 pada hari ini, Minggu (5/9/21). Resto Solo dan Kawan Baru Coffee & Talk menjadi sejarah tempat wadah ini diciptakan setahun lalu.

Dengan prakarsa seorang atlet perally nasional Kota Bogor Ario Danu, Gorengan ini terbentuk yang awalnya adalah sebagai wadah para pesepeda baik individu ataupun komunitas untuk melakukan kegiatan olah raga gowes barengan di saat pandemi di Kota Bogor.

Baca juga : "Gorengan" dan PT AKR Land Development Berbagi Sembako Ramadhan

Ario Danu menuturkan bahwa awal mula komunitas ini terbentuk berangkat dari banyaknya kekhawatiran bersepeda di jalan raya. Dimana selain tingkat kecelakaan pesepeda yang tinggi, juga tingkat rawannya kejahatan menimpa para pesepeda.

Atas dasar tersebut, pihaknya lalu menggandeng beberapa pihak baik dari sisi medis/medical, profesional riding, club komunitas hingga instansi di Kota Bogor seperti KONI, ISSI Kota Bogor, dan lain-lai untuk memberikan edukasi bersepeda yang aman dan nyaman di Kota Bogor.

Baca juga : Gorengan Ride To Charity Bakal Bagikan 2000 Lebih Goodybag

Dari hal tersebut, berkembang pula ide untuk meningkatkan aspek pariwisata baik di Kota maupun Kabupaten Bogor melalui sepeda.

Hingga sekarang, selain berwisata ke pelosok Bogor, pihaknya juga menggandeng UMKM daerah untuk ikut dipromosikan ke kancah regional. Bahkan dari sini, pihaknya mendapatkan bibit atlet yang dapat dipoles untuk menjadi bintang nasional dari kategori sepeda.

"Gowes Barengan hari ini juga mendapat dukungan dari PT AKR Land Development selaku pengembang property nasional, Boxies 123 Mall dan BMC Mayapada Hospital," ungkap Ario Danu dalam keterangan tertulis pada Minggu (5/9/21).

Komunitas Gorengan dengan filosofinya yang merakyat dan memberikan banyak manfaat. Tetap eksis, dan selalu memanjakan para pesepeda berwisata di Bogor dengan memberikan kenangan yang manis.

"Walaupun jalanan di Bogor penuh tanjakan sadis, tetaplah senyum manis untuk melaluinya hingga sampai finish," tambah Dedie A Rachim, Wakil Walikota Bogor.

Untuk diketahui, acara ini diawali dengan gowes barengan dengan mengambil titik start di Plataran Resto Solo Jl. Padjajaran Indah V Kota Bogor, menuju rute Bendungan Katulampa untuk selanjutnya berhenti regrouping di Boxies 123 Mall Tajur Bogor, dan disambut oleh Hadi Widjaya, selaku General Manager Boxies 123 Mall.

Usai peserta rehat dan menikmati sarapan, rute dilanjutkan dengan menuju Kp. Pala, Dekeng Cipaku dan kembali finish di Resto Solo melalui jalur Istana Batu Tulis, Bogor.

Selama perjalanan peserta disuguhkan pemandangan alam yang indah, juga beberapa situs cagar budaya Kota Bogor.

"Kami sangat senang sekali bisa bersepeda bersama sekaligus berwisata blusukan di Bogor, walaupun harus mendorong sepeda karena jalanan syarat dengan tanjakan berat, kami ga kapok dan kami suka sekali kegiatan ini," komentar peserta Yuni Adharani, Ira Yulistia dari team BNR dengan kompak.

Selepas peserta rombongan terakhir sampai di garis finish, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim yang juga dihadiri oleh tokoh senior otomotif Indonesia, Rio Sarwono didampingi Ketua KONI Kota Bogor, Ketua ISSI Kota Bogor, Ricardo Hermes dan komunitas sepeda seperti: Selibor, Sadulur Salipet , Selica, Camp Hazy Bogor,Brompton Bogor, Gordun Puncak, Topass, Concept,NPNG, Sellep, GSH, Slic, Dahona dan lain-lain.

Selain itu, kegiatan juga diisi dengan talkshow dengan menghadirkan dr. Lindrawati Tjuatja, SpKFR dari BMC Mayapada Hospital yang memaparkan materi mengenai "Pencegahan Cidera saat Berolahraga".

Di tengah-tengah pemaparannya, peserta juga menikmati jajanan khas di Plataran Resto Solo Bogor seperti : Kopi Kawan Baru, Sushi Kawaii, Burger Bakar Rauchen, Pasta Bomb, Flambe Kebab, dan Akang Buah yang menyajikan aneka buah segar dan berkualitas.

"Kegiatan Gorengan ini cukup bagus dan memberikan cerita manfaat bagi para pesepeda sekaligus tetap kompak untuk dapat memajukan juga pariwisata bersepeda di Bogor dan melahirkan bibit atlet potensial yang dapat mewakili Kota Bogor," tutup Ricardo Hermes Ketua ISSI Kota Bogor.

Artikel Terkait
"Gorengan" dan PT AKR Land Development Berbagi Sembako Ramadhan
Gorengan Ride To Charity Bakal Bagikan 2000 Lebih Goodybag
Artikel Terkini
Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap
Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa
Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah
Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi
Wakil Kanselir Jerman Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas