INDONEWS.ID

  • Kamis, 07/10/2021 20:15 WIB
  • Terima Perwakilan Perusahan, Gubernur NTB Minta PNM Bantu UMKM di Mandalika Jelang Sambut World Super Bike

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Terima Perwakilan Perusahan, Gubernur NTB Minta PNM Bantu UMKM di Mandalika Jelang Sambut World Super Bike
Sirkuit Mandalika (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah, meminta PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero untuk membantu UMKM di sekitar lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Hal itu disampaikannya dalam rangka menyambut perhelatan World Super Bike (WSBK) dan MotoGP.

"Bukan hanya pelatihan dan bimbingan untuk pelaku usaha namun harus didukung dengan permodalan," kata Zulkieflimansyah saat menerima perwakilan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Sunar Basuki di Pendopo Gubernur dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Selasa.

Baca juga : Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial

Menurut Gubernur NTB, bantuan tersebut diperlukan dengan harapan, pelaku usaha siap secara produk dan SDM menyambut ribuan tamu yang datang selain modal demi keberlangsungan usaha, tempat untuk berjualan maupun tata cara menyambut dan memperkenalkan produk berikut kemasannya secara komersial.

Oleh karena itu, orang nomor satu di NTB ini berharap PT PNM bersinergi dengan kementerian terkait dan OPD dalam mengklasifikasi kelompok dan UMKM yang telah mendapatkan bantuan agar tak tumpang tindih dalam pengelolaan.

Baca juga : PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Sunar Basuki menjelaskan, keberadaan PNM di NTB telah ada 421.000 nasabah. Pola pemberian modal kepada perseorangan yang sudah tergabung dalam kelompok berjumlah 15-20 anggota dan modal yang diberikan antara 2 juta hingga 9 juta rupiah, bila usahanya terus berkembang.

"Siapapun bisa memperoleh pinjaman ini, dan kami punya pendamping hingga di desa-desa se NTB," ujarnya. Ia menambahkan, hingga saat ini, ada dua ribu pendamping di NTB. Sedangkan ada 50 ribu pendamping di seluruh Indonesia.

Baca juga : PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI

Selain memberikan pembiayaan usaha, PNM juga memberikan pendampingan dan pelatihan usaha secara reguler dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dan naik naik kelas.

PNM juga memiliki satu unit usaha yang dinamakan Mekaar dalam membina ekonomi keluarga sejahtera untuk memberikan biaya permodalan dan pendampingan, termasuk di sekitar KEK Mandalika sudah dilakukan kepada masyarakat sekitar.*

Artikel Terkait
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Artikel Terkini
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Kacang Tanah di Perbatasan RI-RDTL
Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!
Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas