INDONEWS.ID

  • Sabtu, 09/10/2021 18:58 WIB
  • Tingkatkan Pemahaman K3, Kominfo Gelar Simulasi Penanganan Bencana Kebakaran

  • Oleh :
    • Mancik
Tingkatkan Pemahaman K3, Kominfo Gelar Simulasi Penanganan Bencana Kebakaran
Pelatihan dan Simulasi Penanganan Bencana Kebakaran untuk meningkatkan pemahaman tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan Kementerian Kominfo.(Foto:Dok.Kominfo)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Pelatihan dan Simulasi Penanganan Bencana Kebakaran untuk meningkatkan pemahaman tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan Kementerian Kominfo.

Kepala Biro Umum Kementerian Kominfo, Sensilaus Dore menyatakan, keselamatan di tempat kerja merupakan pilihan prioritas untuk mencitpakan kenyamanan saat menghadapi peristiwa di dunia kerja secara khusus di lingkup Kenterian Kominfo.

Baca juga : Anugerah Media Center 2024, Kementerian Kominfo Apresiasi Mitra Komunikasi Publik

"Ketika anda aman, belum tentu anda selamat. Tapi kalau anda selamat, pasti anda aman,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara tersebut yang berlangsung di Lapangan Anantakupa, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Sabtu, (9/10/2021).

Kepala Biro Umum Kementerian Kominfo, Sensilaus Dore menjelaskan, dalam konteks keselamatan kerja, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pedoman bencana kebakaran (disaster management) yang menyeluruh untuk seluruh Pegawai di lingkungan Kementerian Kominfo.

Baca juga : HPN 2024, Menkominfo Bagikan Empat Kiat Perusahaan Media Agar Tetap Eksis

Menurutnya, latihan tersebut bukan ditujukan kepada seseorang yang berkapasitas sebagai pemadam kebakaran tetapi untuk melatih dan menguji kepedulian seseorang saat berhadapan dengan peristiwa kebakaran.

"Hari ini kita diberi kesempatan untuk peduli. Ketika ada even, ada kejadian, yang diselamatkan adalah orang yang paling dekat," tuturnya.

Baca juga : Wamen Nezar Patria: Kominfo Berupaya 24 Jam Cegah Disinformasi Pemilu 2024

Karena itu, menurut Kepala Biro Umum, Sensilaus Dore, setiap orang perlu diberi pemahaman dan pendidikan melalui pelatihan berkaitan dengan fungsi dan kegunaan setiap alat pemadam kebakaran yang berada di Kementerian Kominfo.

"Ini kegiatan berkaitan dengan proses penanganan di lingkungan perkantoran. Dengan kemampuan dan keterampilan yang kita miliki, kita berupaya sedapat mungkin menyelamatkan dalam kesempatan pertama," paparnya.

Kepada para peserta kegiatan, Kepala Biro Umum Kominfo, Sensilaus Dore menghimbau agar mengikuti kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya peningkatan keterampilan dalam konteks pelayanan.

"Marilah kita mencoba untuk mengikuti semua even yang dilakukan ini dalam konteks bagaimana kita memberikan pelayanan kepada siapa pun yang berada di dalam kator ini," imbuhnya.

Senada dengan Kepala Biro Umum, Sensilaus Dore, Kepala Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu pada kesempatan yang sama menjelaskan kegiatan tersebut berlangsung untuk meningkatkan performa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Kegiatan hari ini dilaksanakan untuk meningkatkan performa K3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan kantor kita terutama di lingkungan Kantor Pusat," ujarnya.

Sebagai penyelenggara kegiatan, dalam laporannya, Kapala Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan, Ferdinandus Setu mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh anggota dari Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan Kominfo yang berjumlah 65 orang, perwakilan dari Bagian Pengadaan, Bagian Tata Usaha dan Persuratan di Lingkungan Biro Umum, Perwakilan dari satker-satker di Lingkungan Kesekjenan mulai dari Biro Keuangan, PDSI, PUSKI, Biro Perencanaan, Biro Humas, Satuan-satuan di Sekretariat KIP, KPI dan Dewan Pers.

"Dan juga dihadiri oleh teman-teman dari unit kerja. Ada dari Direktorat Jenderal SDPPI, Direktorat Jenderal PPI, Direktorat Jenderal APTIKA, Direktorat Jenderal IKP, Badan Litbang SDM, Inspektorat Jenderal dan BLU Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI)," katanya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Kepala Sektor Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Hendra Kurniawan, utusan dari Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI, Selamat Riyadi, dan utusan dari PT. Bromindo Hussein.*

Artikel Terkait
Anugerah Media Center 2024, Kementerian Kominfo Apresiasi Mitra Komunikasi Publik
HPN 2024, Menkominfo Bagikan Empat Kiat Perusahaan Media Agar Tetap Eksis
Wamen Nezar Patria: Kominfo Berupaya 24 Jam Cegah Disinformasi Pemilu 2024
Artikel Terkini
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas