INDONEWS.ID

  • Sabtu, 30/10/2021 20:17 WIB
  • Eksistensi Poltek STIA LAN Jakarta Dalam PTKL Kampus Merdeka,Merdeka Belajar

  • Oleh :
    • luska
Eksistensi Poltek STIA LAN Jakarta Dalam PTKL Kampus Merdeka,Merdeka Belajar

Jakarta, INDONEWS.ID - Ikatan Alumni STIA LAN Jakarta (Iklum) menyelenggarakan kegiatan "Welcome Home" dengan tema "Eksistensi Politeknik STIA LAN Sebagai PTKL Dalam Perspektif Kampus Merdeka  dan Merdeka Belajar" yang diselenggarakan di Kampus Politeknik STIA LAN Jakarta, Sabtu 30 Oktober 2021.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah Vaksinasi Covid-19 Massal, yang diikuti oleh masyarakat umum, dilanjutkan dengan kegiatan green campus yaitu penanaman pohon di halaman kampus Politeknik STIA LAN Jakarta. 

Baca juga : Kolaborasi Poltek STIA LAN Jakarta dan Bank DKI: Wujud Nyata Transformasi Pendidikan

Kegaiatan penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Republik Indonesia yang juga Alumni STIA LAN Jakarta. Adapun kegiatan penanaman pohon kurma dilaksanakan oleh Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A., Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, penanaman pohon jahe merah dilaksanakan oleh Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, Bc.IP, M.Si., Anggota DPR RI yang juga Alumni STIA LAN Jakarta, dan juga penanaman pohon oleh Maman Saefulloh, S.Sos., M.Si., inspektur pada Inspektorat Wilayah I Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, beliau juga alumni STIA LAN Jakarta dan Ketua Iklum. 

Tanaman lain yang ditanam pada kegiatan green campus ini adalah tanaman-tanaman apotik hidup seperti tanaman kumis kucing, lengkuas, cocor bebek, kitolot, lidah buaya, mahkota dewa, tebu ireng, kapulaga,  daun insulin, brotowali, lavender, jahe merah, pandan, sereh, suring dan tanaman lainnya. 

Baca juga : Poltek STIA LAN Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Rangkaian kegiatan berlanjut dengan pengesahan gambar renovasi kantin kampus, Peluncuran Website, Pojok Kopi dan Musik.

Acara puncak  dari Welcome Home ini adalah kegiatan seminar dengan tema "Penguatan dan Strategi Mempertahankan  Eksistensi Politeknik STIA LAN Sebagai PTKL", yang diselenggarakan secara luring di kampus Politeknik STIA LAN Jakarta dan daring via Zoom Meeting. Seminar ini menghadirkan para pembicara yang seluruhnya merupakan alumni STIA LAN Jakarta, yaitu Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, Bc.IP, M.Si.,  Anggota DPR RI, dan Dhany Sukma, S.Sos, M.A.P., Walikota Jakarta Pusat yang juga Alumni STIA LAN Jakarta. Seminar dibuka  Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) yang diwakili oleh Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A., Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara LAN RI.

Baca juga : Rayakan Dies Natalis ke-60, Poltek STIA LAN Jakarta Gelar Webinar Persiapan Menghadapi Era VUCA

Agus mengatakan bahwa salah satu kekuatan kampus adalah peran alumni, baik sebagai pribadi yang memiliki jabatan di instansinya maupun dalam meningkatkan nilai jual kampus karena keberhasilan alumni. Tantangan ke depan bagi kampus kita sangat membutuhkan peran alumni, dengan adanya penataan perguruan tinggi di bawah kementerian dan lembaga yang sudah mulai ditata oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

Selanjutnya Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A., dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas terlaksananya kegiatan Welcome Home  yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni STIA LAN Jakarta. Nurliah mengatakan Alumni memiliki 'sense of belonging' yang dapat menumbuhkan rasa empati dan peduli terhadap masa depan almamaternya. 

Salah seorang pembiacara pada seminar ini, Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, Bc.IP, M.Si., mengatakan bahwa Politeknik STIA LAN  sebagai PTKL memiliki potensi besar untuk berperan membangun daya saing bangsa dan  Politeknik STIA LAN sebagai PTKL meningkatkan kemampuan  dan keterampilan dalam bidang tertentu agar mampu meningkatkan kinerja pelaksana tugas bagi pegawai  dan calon pegawai negeri sipil di suatu instansi/kementerian lembaga dengan kelebihan metode terapan di Politeknik STIA LAN Jakarta.

Pembicara lainnya yaitu Dhany Sukma, S.Sos, M.A.P., Walikota Jakarta Pusat yang juga Alumni STIA LAN Jakarta, mengatakan PTKL dalam penyelenggaraan pendidikan Indonesia sudah mengambil peran penting sejak Indonesia merdeka dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi yang terjangkau, menyediakan aparatur negara yang berkualitas, serta menjadi pionir pengembangan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing. PTKL selama ini menjadi 'center of excellence' yaitu mencetak Generasi bangsa siap kerja.

Bertindak sebagai moderator seminar ini adalah Drs Haris Rahim, M.A.P,. Ketua pelaksana dan Alumni STIA LAN Jakarta.

Kegiatan welcome home ini berjalan lancar dan mendapatkan sambutan yang antusias dari para peserta dan  tamu yang hadir, dengan diselingi peresmian gambar renovasi kantin dan peluncuran website Iklum.(Lka)

 

Artikel Terkait
Kolaborasi Poltek STIA LAN Jakarta dan Bank DKI: Wujud Nyata Transformasi Pendidikan
Poltek STIA LAN Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat
Rayakan Dies Natalis ke-60, Poltek STIA LAN Jakarta Gelar Webinar Persiapan Menghadapi Era VUCA
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas