Nasional

Poltek STIA LAN Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Oleh : luska - Rabu, 20/07/2022 17:16 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan di 3 (tiga) lokus berbeda yaitu purwakarta, lebak dan Garut. Kegiatan ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa yang memiliki tujuan untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat dengan meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh karenanya kita mendorong dosen dan mahasiswa untuk menjadi Engagement Provider dengan mengidentifikasi  masalah dan kebutuhan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal ini diungkapkan Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Nurliah Nurdin saat membuka kegiatan PKM di pendopo Kabupaten Garut, Rabu(20/7).

Dalam kesempatan tersebut, Nurliah menambahkan pelaksanaan PKM ini merupakan wujud  implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. oleh karenanya seorang dosen tidak hanya dituntut mampu mengajar di kelas melainkan juga mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat secara luas.

kegiatan ini juga dapat dimaknai sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan dan kemajuan bangsa, yang dibuktikan dengan perhatian tinggi pemerintah terhadap kebijakan strategis terutama dalam rangka pemberdayaan masyarakat di daerah pedesaan, ujarnya.
lebih lanjut ia menjelaskan, program PKM ini dilaksanakan secara multiyears atau selama 3 tahun, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan yang telah dilakukan, oleh karenanya kita perlu bertemu kepala daerah dalam rangka melakukan  sinkronisasi program kepala daerah dan program kepada masyarakat agar dapat memberikan manfaat seluas-luasnya terhadap masyarakat.

Nurliah menegaskan, kegiatan PKM ini jangan hanya sebagai upaya menggugurkan kewajiban semata, melainkan harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan menggali potensi yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah yang tentu saja secara simultan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah, ini merupakan wujud negara hadir di tengah masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Drs. H Nurdin Yana, MH menyambut baik dan mengapresiasikan kegiatan PKM yang dilakukan oleh Politeknik STIA LAN Jakarta, kami akan memberikan akses untuk menggali potensi yang di pemerintah kabupaten Garut yang memiliki 421 Desa, 42 kecamatan dan 21 Kelurahan.
"beberapa hal yang menjadi fokus kami di pemerintah kabupaten garut adalah terkait manajemen ASN terutama Penerapan sistem merit dan pengembangan kompetensi Aparatur, ia berharap kegiatan ini dapat memberikan kemanfaatan bagi ASN disini dan secara khusus dan bagi masyarakat Garut pada umumnya" harap nya.

kegiatan PKM di pemerintah kabupaten Garut ini dibagi menjadi 5 topik utama antara lain Efektifitas penerapan konsep ASN Corporate University, Peningkatan Sistem Merit melalui manajemen pengembangan kompetensi, Menumbuhkan literasi digital dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi, penerapan e-Government dalam pelayanan masyarakat, dan Peningkatan partisipasi masyarakat dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. (Lka)

Artikel Terkait